Beranda Pemerintahan Sangkulirang Launching Tanaman Palawija – Dukung Kebijakan Bupati Kutim untuk Persediaan Pangan...

Sangkulirang Launching Tanaman Palawija – Dukung Kebijakan Bupati Kutim untuk Persediaan Pangan di Masa Pandemi COVID-19

601 views
0

Camat Sangulirang Rahmad bersama unsur Muspika dan elemen masyarakat lainnya ketika melakukan launching penanaman di lahan pekarangan, di tengah pandemi COVID-19, dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan. (ist)

SANGKULIRANG – Gerakan menanam sebagai antisipasi pandemi berlanjut dan kini terus bergulir. Terakhir, kecamatan Sangkulirang melakukan launching gerakan menanam jenis palawija di lahan pekarangan, Selasa (16/6/2020).

Kegiatan ini diikuti Camat dan unsur Muspika, staf kecamatan dan kepala desa, Dinas Pertanian Kutim, UPT PPPP (Unit Pelaksana Teknis Penyuluhan Pertanian Peternakan dan Perkebunan) Sangkulirang, KUA, UPT Pendidikan, UPT Kesehatan, PKK Kecamatan dan Pramuka serta yang lainnya.

Kegiatan gerakan menanam di lahan pekarangan ini, sebagai upaya mengantisipasi persediaan pangan di Sangkulirang. Serta menindaklanjuti instruksi Bupati Kutim H Ismunandar beberapa waktu lalu.

“Kita harapkan masyarakat yang memiliki lahan pekarangan bisa ikut memanfaatkan. Untuk ditanam berbagai jenis tanamam, minimal untuk kebutuhan sendiri,” kata Camat Sangkulirang, Rahmad, usai melakukan kegiatan tersebut.

Pencanangan penanaman gerakan pemanfaatan lahan dan pekarangan tersebut, dipusatkan di halaman kantor Kecamatan Sangkulirang. Menurut Rahmat tanaman dibudidayakan di lahan seluas sekitar seperempat hektare. Sedangkan jenis bibit yang ditanam adalah, singkong dan ubi-ubian serta sayur.

“Kami baru melaksanakan pencanangan tadi dan diikuti semua elemen masyarakat. Kita harapkan dengan melakukan gerakan menanam di lahan dan pekarangan ini, bisa memberikan cadangan pangan di kecamatan Sangkulirang di masa mendatang,” ujar Rahmad.

Meski kegiatan penanaman dilaksanakan di tengah pandemi, semua pihak tetap mengacu kepada protokol kesehatan. Diharapkan masyarakat tetap tenang dan selalu menjaga kesehatan dan mengacu perilaku hidup sehat dan bersih. Serta tetap waspada dan tidak panik menghadapi COVID-19 ini.

Dia sangat mendukung kebijakan Bupati Kutim, agar masyarakat melakukan penanaman di lahan dan pekarangan masing-masing untuk ketersediaan bahan pangan ke depan. Langkah ini dilakukan, guna mengantisipasi apabila pandemi COVID-19 ini terus berlanjut. Sebab, Kutim menjadi salah satu daerah yang memiliki ketergantungan bahan pokok seperti beras dari daerah lain, yakni Sulawesi dan Jawa. Dengan melakukan gerakan tanam di lahan pekarangan ini, seluruh masyarakat Kutim diharapkan mempunyai cadangan pangan sendiri di masa mendatang.

“Masyarakat juga menyambut baik dengan dilakukan gerakan tanaman pangan di lahan dan pekarangan ini. Seperti singkong dan jagung serta tanaman palawija lainnya. Antara lain sayur dan lombok atau sejenisnya. Kami di Sangkulirang sangat mendukung dengan dilakukan gerakan seperti ini,” kata Rahmad. (hms2/hms3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini