Beranda Kutai Timur KTM-72, Tambahan Satu Pasien Positif COVID-19 di Kutim – Dua Orang Dinyatakan...

KTM-72, Tambahan Satu Pasien Positif COVID-19 di Kutim – Dua Orang Dinyatakan Sembuh

321 views
0

Pasang Data Grafis COVID-19 Kutim per 10 Juli. (ist)

SANGATTA – Hingga Jumat (10/7/2020), ada tambahan satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kutai Timur (Kutim). Yaitu KTM-72, di rilis berdasarkan data terkini yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim dilaman medsos instagram @dinkesprovkaltim.

Jubir Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Kaltim Andi M Ishak melaporkan pasien terbaru yang terjangkit yaitu KTM-72 adalah laki-laki 40 tahun. Merupakan karyawan perusahaan swasta dengan riwayat pelaku perjalanan dari Kalsel. Pasien melakukan isolasi mandiri sejak kedatangan

pada 28 Juni 2020, timbul gejala demam selama tiga hari. Selanjutnya 30 Juni dirujuk ke RSUD Kudungga. Kemudian pada 1 Juli melakukan pemeriksaan rapid test hasilnya non reaktif.

“Akhirnya pada 4 Juli ke poli paru dengan keluhan demam. Hari kedelapan dilakukan pemeriksaan swab pertama 7 Juli dan 8 Juli berlanjut ke swab kedua dengan hasil swab pertama positif. Pasien masuk wilayah kerja Puskesmas Teluk Lingga,” beber Andi yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Dinkes Kaltim itu.

Selanjutnya ia melaporkan ada dua kasus penambahan pasien positif COVID-19 sembuh di Kutim. Yaitu KTM-20, perempuan berusia 51 tahun. Kasus merupakan kontak erat atau istri dari KTM 17 (perjalanan dari Gowa), pada 21 dan 23 April dilakukan pengambilan swab, hasil keluar 1 Mei dinyatakan positif COVID-19. Pada 8 Juli dinyatakan sembuh setelah hasil swab evaluasi dua kali negatif berturut-turut. Masuk wilayah kerja Puskesmas Kongbeng.

Kemudian ada KTM-25 adalah laki-laki usia 52 tahun. Kasus merupakan pelaku perjalanan dari Gowa tiba di Bengalon pada 23 Maret, selanjutnya pada 27 dan 28 April dilakukan pengambilan swab, hasil keluar 6 Mei dinyatakan positif COVID-19. Pada 8 Juli dinyatakan sembuh setelah hasil swab evaluasi dua kali negatif berturut-turut. Masuk wilayah kerja Puskesmas Sepaso.

Ada juga terdapat penambahan satu kasus PDP di Kutim dengan hasil negatif yaitu perempuan 51 Tahun. Tidak pernah melakukan perjalanan kemana-mana, namun sebelum munculnya pandemi COVID-19 rutin ke Sangatta tengah kontrol ke dokter spesialis jantung. Selanjutnya 3 Juli berobat ke Puskesmas Telen dengan keluhan sakit uluh hati, sesak nafas dan kaki bengkak dan langsung dirujuk pada hari itu juga ke Rumah Sakit Swasta Sangatta. Akhirnya pada 4 juli dilakukan pemeriksaan rapid test dengan hasil reaktif kemudian dirujuk ke RSUD Kudungga. Hasil swab dua kali negatif berturut-turut dan masuk wilayah kerja Puskesmas Telen.

Sementara itu, update informasi data persebaran COVID-19 di Kutim per 10 Juli yaitu total pasien positif terkonfirmasi sebanyak 72 kasus dengan sembuh 41 kasus, meninggal 1 kasus. Total PDP ada 32 kasus, negatif 31 kasus, proses 1 kasus. Dilanjutkan dengan total ODP ada 591 kasus, selesai 576 kasus, proses 15 kasus, dan total OTG 729 kasus.(hms13/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here