Beranda Kutai Timur Lagi, Tambahan Dua Orang Positif COVID-19 – Warga Terpapar di Kutim Tembus...

Lagi, Tambahan Dua Orang Positif COVID-19 – Warga Terpapar di Kutim Tembus 81 Orang

565 views
0

Info grafis Dinkes Kutim. (ist)

SANGATTA – Menjadi semakin mengkhawatirkan, pasalnya penambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kutim belum terbendung. Sabtu (18/7/2020), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Timur (Kutim) kembali mengeluarkan rilis resmi terkait data penyebaran COVID-19 lewat laman medsos instagram. Kepala Dinkes Kutim dr Bahrani melaporkan ada dua tambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yaitu KTM-80 dan KTM-81.

“KTM-80 adalah laki laki usia 27 tahun. Kasus bekerja di perusahaan swasta bergerak di bidang kontraktor yang berada di Jalan Poros Bontang-Sangatta Kilometer 3. Pasien tinggal sendiri di Sangatta. Pada 14 Juli berangkat ke Balikpapan, selanjutnya 15 Juli di Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan melakukan pemeriksaan PCR swab hasilnya positif dan dinyatakan terkonfirmasi COVID-19,” jelas Bahrani.

Sekarang pasien sedang melakukan karantina mandiri di rumah saudaranya di Balikpapan. Pasien masuk wilayah kerja Puskesmas Sangatta Selatan. Selanjutnya ada KTM-81 yaitu perempuan usia 41 tahun. Pasien rencananya mengantar anak ke Jawa dan melakukan rapid test untuk syarat perjalanan ke Jawa dengan hasil rapid testnya reaktif.

“Pada 5 Juli melakukan pemeriksaan di salah satu rumah sakit swasta di Sangatta dan langsung dirujuk ke RSUD Kudungga. Akhirnya pada 10 Juli dilakukan swab pertama dan 13 Juli dilakukan swab kedua. Hasilnya 18 Juli swab keluar dan dinyatakan pasien terkonfirmasi COVID-19. Masuk wilayah kerja Puskesmas Teluk Lingga,” tutupnya. 

Penambahan jumlah pasien positif COVID-19 tentunya wajib menjadi perhatian masyarakat Kutim. Untuk lebih memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Lebih baik di rumah saja dan membatasi diri bepergian ke luar rumah. Mengenakan masker saat diluar rumah, mengadopsi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Serta membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sebelum atau sesudah melakukan aktivitas.(hms13/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here