Beranda Entertainment TPD Audiensi ke Plt Bupati Kutim – Tingkatkan Sinergi Membangun Desa

TPD Audiensi ke Plt Bupati Kutim – Tingkatkan Sinergi Membangun Desa

209 views
0

Suasana audiensi bersama TPD Se Kutim. (Dok Pro Kutim)

SANGATTA – Plt Bupati Kutai Timur (Plt) Kasmidi Bulang menyampaikan apresiasi untuk audiensi yang telah dilakukan perwakilan Tenaga Pendamping Desa (TPD) se-Kutim di ruang Arau kantor Bupati, Senin (24/8/2020). Ia berharap TPD bisa memberikan kontribusi terbaik bagi pembangunan desa, sejalan dengan program pembangunan di kabupaten.

“Terima kasih kepada seluruh TPD yang selama ini sudah memberikan kontribusi dan bekerjasama. Sehingga program-program pembangunan di desa bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Kehadiran TPD diharapkan bisa bersinergi dengan kepala desa dan perangkat desa lainnya dalam pengelolaan administrasi pengelolaan Dana Desa serta Alokasi Dana Desa sehingga sejalan dengan program kabupaten. Ia berjanji akan memberikan kontribusi pelaksanaan operasional kegiatan TPD sesuai dengan aturan dan kemampuan keuangan daerah yang ada.

“Kita segera usulkan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah agar TPD juga bisa diberikan kontribusi sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku sesuai kemampuan keuangan daerah,” ungkapnya.

Selanjutnya Kasmidi menjelaskan bahwa perbedaan kualitas sumber daya antara kepala desa serta perangkat desa lainnya dengan TPD terkadang bisa menimbulkan persepsi yang berbeda terhadap pelaksanaan program pembangunan di desa. Maka dari itu Kasmidi menyarankan agar para pihak bisa sering menjalin komunikasi dengan aparat desa. Sehingga kendala- kendala yang ditemui di lapangan bisa segera diselesaikan.

Sebelumnya, dalam audiensi tersebut, perwakilan TPD Danial menyampaikan beberapa pencapaian program sejak 2015 -2020. Diantaranya peningkatan status desa di Kutim. Dari 139 desa, hingga 2020 ini sudah tidak ada lagi desa sangat tertinggal. Namun masih terdapat 22 desa tertinggal. Berikutnya di Kutim terdapat 70 desa berkembang, 37 desa maju dan 10 desa mandiri. TPD melalui Dana Desa pada 2019 mengucurkan program pelaksaan Padat Karya Tunai (PKT) yang mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 6650 pekerja.

“Sedangkan pada 2020 pelaksanaan PKT hingga bulan Agustus ini menyerap tenaga kerja sebanyak 1278 orang,” sebutnya (hms4/hms3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini