Beranda Kutai Timur Kakao Potensial Dikembangkan di Long Mesangat – Ada 150 Ha, Jadi Program...

Kakao Potensial Dikembangkan di Long Mesangat – Ada 150 Ha, Jadi Program Pemberdayaan Masyarakat

356 views
0

Camat Long Mesangat Emanuel Eng, Sekretaris Disbun Kutim Muhammad Amin dan beberapa staf bersama Kelompok Tani di lokasi perkebunan Kakao Kelompok Tani Polewali Desa Mukti Utama. (ist)

LONG MESANGAT – Bicara tentang Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bukan hanya soal batubara dan kelapa sawit belaka. Nyatanya di daerah pemekaran dari Kabupaten Kutai awal tahun 2000-an ini juga potensial dalam pengembangan komoditi tanaman kakao.

Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Perkebunan (Disbun) selaku leading sektor melihat potensi dimaksud. Sehubungan hal tersebut, pada Selasa (1/9/2020) kemarin, tim Disbun melakukan kunjungan lapangan ke Kecamatan Long Mesangat yang memiliki potensi pengembangan tanaman bahan baku cokelat tersebut.

Kunjungan dipimpin Sekretaris Disbun Kutim Muhammad Amin dan beberapa staf. Seperti Kasi Pengembangan Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Kasi Budidaya Tanaman dan Sekretaris Disbun Kutim. Lokasi yang dituju tak lain adalah perkebunan Kakao Kelompok Tani Polewali Desa Mukti Utama.

Kunjungan dimaksud tentunya menjadi langkah fasilitasi pemerintah dalam mendukung pengembangan kakao sebagai komoditi unggulan selain kelapa sawit dan padi. Pertemuan difasilitasi Camat Long Mesangat Emanuel Eng selaku tuan rumah. Melibatkan Kades Mukti Utama dan unsur manajemen PT CDM,  PT TPG, serta PT KAM.

“Pertemuan ini membahas tentang lahan sekitar 150 hektare yang dianggap lebih cocok untuk pengembangan perkebunan kakao masyarakat melalui Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM),” kata Sekretaris Disbun Kutim Muhammad Amin.

Tak ada yang formal dalam pertemuan dimaksud. Karena berlangsung ditengah semak belukar ditengah-tengah rimbunnya tumbuhan kakao tua. Walaupun berlangsung santai dibawah rintik hujan gerimis, namun pertemuan hari itu menghasilkan kesepakatan awal yang positif. Yaitu dalam waktu dekat akan dibuat PPM kolaborasi antara Camat Long Mesangat, Kepala Desa Mukti Utama, PT CDM, PT KAM, PT TPG dan Disbun Kutim. Semua pihak bersepakat untuk mewujudkan perkebunan kakao berkelanjutan untuk masyarakat di Kelompok Tani Polewali Desa Mukti Utama-Kec Long Mesangat.

“Kesepakatan akan dituangkan dalam NKK (Nota Kesepahaman Kerjasama) yang direncanakan (berlangsung) selama tiga tahun. Untuk itu mohon dukungan semua pihak, agar program ini sukses,” tutup Amin yang mantan Camat Kaubun tersebut. (hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here