Beranda Hukum Warga Kutim Diajak Disiplin Bermasker – Inpres Nomor 6 Tahun 2020 Mulai...

Warga Kutim Diajak Disiplin Bermasker – Inpres Nomor 6 Tahun 2020 Mulai Diterapkan

173 views
0

Momen kegiatan Gerakan Kutim Bermasker beberapa hari lalu.(Ist)

SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) bersama Polres Kutim segera menerapkan kebijakan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020. Tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. Peraturan Bupati Kutim Nomor 32 Tahun 2020 yang sudah dirilis juga merujuk pada regulasi pusat. Penerapan sanksi dilakukan guna menciptakan efek jera bagi para pelanggar protokol kesehatan COVID-19 di Kutim. 

Menurut Kapolres Kutim AKBP Indras Budi Purnomo, tingkat kepatuhan masyarakat Kutim dalam memakai masker masih minim. Sehingga perlu ada upaya peningkatan. Nantinya, akan diatur sejumlah ketentuan hingga sanksi sosial bagi mereka yang melanggar protokol kesehatan COVID-19. Terkait sanksi sosialnya seperti apa, Indras berujar, diutamakan sanksi sosial. Bisa berupa hukuman bersih-bersih fasilitas publik. 

“Bisa menyapu-nyapu jalan, bisa bersih-bersih masjid, dan sebagainya. Nanti kami akan atur dan bahas lebih lanjut lagi,” ujar Indras saat memulai Gerakan Kutim Bermasker beberapa hari lalu.

Konsep penerapan sanksi sosial ini bertujuan membangun kesadaran masyarakat dalam mendukung pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Selain sanksi, pihaknya akan meningkatkan dukungan dari peran tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk mengajak masyarakat, agar lebih disiplin lagi menjalankan protokol kesehatan. 

“Termasuk mengajak para Paslon Pilkada agar menyosialisasikan protokol kesehatan,” (*/hms7/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here