Beranda Kutai Timur Jajaran Pemkab Kutim Ikuti Upacara Virtual HUT Ke-75 TNI

Jajaran Pemkab Kutim Ikuti Upacara Virtual HUT Ke-75 TNI

203 views
0

Upacara HUT ke 75 TNI  turut diikuti Sekretaris Kabupaten Kutim H Irawansyah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), juga, di Mako Lanal Sangatta (Wak Hedir Pro Kutim)

SANGATTA – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Tentara Nasional Indonesia (TNI), tahun 2020 yang digelar secara virtual di Istana Negara, Jakarta, turut diikuti jajaran Pemkab Kutim dari Mako Lanal Sangatta, Senin (5/10/2020). Di Kutim Sekretaris Kabupaten H Irawansyah mewakili Pjs Bupati Kutim, menyaksikan jalannya upacara yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku Inspektur Upacara. HUT ke-75 TNI tahun 2020 kali ini mengusung tema “Sinergi Untuk Negeri”.

Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), nampak juga mengikuti Upacara itu. Yakni Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Osben Alibos Naibaho, Dandim 0909/Sangatta Letkol Czi Pabate, Kapolres Kutim AKBP Indras Budi Purnomo, Ketua Pengadilan Negeri Sangatta Rahmat Sanjaya, Ketua Pengadilan Agama H Ahmad Asy Syafi’I, perwakilan Kejaksaan Negeri Kutim serta jajaran prajurit TNI AL dan AD.  

Presiden RI Jokowi melalui siaran langsung mengatakan HUT TNI bukan hanya dirayakan oleh anggota dan keluarga besar TNI saja. Tetapi oleh segenap rakyat Indonesia. Perjalanan TNI sejak perjuangan kemerdekaan hingga kini, menunjukkan bahwa TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara. Menjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpa darah Indonesia. Dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Dalam sejarah panjang, kontribusi TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya melalui operasi militer untuk perang, tetapi juga melalui operasi militer selain perang. TNI dengan sigap membantu rakyat yang sedang mengalami bencana alam termasuk dalam menghadapi pendemi COVID-19. 

“Atas nama rakyat Indonesaia, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada keluarga besar dan institusi TNI, serta prajurit yang sedang bertugas dimanapun. Juga kepada para Purnawirawan  yang telah mewariskan institusi dan prajurit TNI, yang selalu berbakti untuk kemajuan negeri dalam dunia yang selalu berubah,” kata Jokowi.

Sebagai panglima tertinggi TNI, Jokowi,  memiliki harapan besar dan selalu mendukung transformasi penguatan TNI. Dia menyebut dunia berubah sangat cepat, bergerak sangat dinamis. Maka transformasi organisasi TNI harus terus dilakukan. Sesuai dengan dinamika lingkungan strategis, dinamika ancaman dan sesuai dengan perkembangan teknologi militer. (hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here