Beranda Pariwisata Dispar Kutim Latih Pemandu Wisata – Plt Bupati Berharap Jadi Penggerak Sektor...

Dispar Kutim Latih Pemandu Wisata – Plt Bupati Berharap Jadi Penggerak Sektor Pariwisata

183 views
0

Plt Bupati Kutim H Kasmidi Bulang saat membuka pelatihan pemandu ekowisata gelaran Dispar Kutim (Wak Hedir/Prokutim)

SANGATTA – Sebagaimana diketahui potensi pariwisata di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) cukup banyak dan tak kalah dengan daerah lain. Mulai dari gunung, goa, hutan, air terjun, pantai hingga kebudayaan. Namun sayangnya belum dikelola dengan baik. Sehingga banyak wisatawan kesulitan menjangkaunya.

Untuk itu selain meningkatkan infrastruktur menuju destinasi wisata secara bertahap, Pemkab Kutim melalui Dinas Pariwisata (Dispar) terus meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang handal untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada. Paling anyar, Dispar mendukung program Kementerian Pariwisata RI menggelar pelatihan Pemandu Ekowisata. Pelatihan dihelat Senin (7/12/2020) di Teras Belad, Sangatta, Kutim. 

Plt Bupati Kasmidi Bulang dihadapan para peserta berharap para peserta bisa membantu mengekspos potensi wisata yang ada di Kutim. Hingga ke depan banyak diketahui khalayak ramai. Sehingga bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Potensi wisata kita banyak, mulai dari gunung gergaji, goa telapak tangan, goa angin, air terjun, air terjun tangga bidadari, hutan Wehea yang sudah mendunia. Pantai kenyamukan, Teluk Lombok, Sekerat dan masih banyak lainnya yang belum terekspos,” ucap Kasmidi. 

Kedepan sambung Kasmidi, Pemerintah Kabupaten tidak hanya bergantung pada transfer Pusat. Namun, harus bisa menggali potensi PAD. Salah satunya melalui sektor pariwisata. Untuk itu para pemandu wisata ini diharapkan jadi motor penggerak pariwisata di Kutim. Untuk itu, setiap pelatihan wajib diikuti dengan benar. Agar bisa menambah wawasan dalam pemanduan wisata. Selanjutnya kepada jajaran Dispar, Kasmidi berharap dapat menginventarisir potensi wisata yang di Kutim. 

Pelatihan kali ini diikuti 45 peserta. Terdiri dari staf Dinas Pariwisata Kutim, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpun Pemandu Wisata Indonesia (HPI) Kutim, pelaku usaha wisata, Duta Wisata, Tour dan Travel. Saat membuka acara, Plt Bupati Kutim H Kasmidi Bulang didampingi Plt Kepala Dispar Kutim Jamri. 

Kegiatan menghadirkan narasumber diantaranya, Ketua DPD HPI Kaltim Awang Mohammad Jumri Syafi’i yang menyampaikan materi terkait pemanduan ekowisata. Kemudian, M Fauzan Noor dari Politeknik Negeri Samarida yang memaparkan tentang konsep pengelolaan ekosistem dan kompetensi jasa kepemanduan jasa ekowisata. (hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here