Beranda Kutai Timur Malam Tahun Baru 2021 di Kutim Aman Kondusif – TNI/Polri dan Pemkab...

Malam Tahun Baru 2021 di Kutim Aman Kondusif – TNI/Polri dan Pemkab Turunkan Personel Pengamanan

217 views
0

Momen apel pengamanan pergantian tahun. (Foto: Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

SANGATTA – Demi keamanan dan kondusifitas wilayah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) di malam perayaan pergantian tahun 2020 ke 2021, sejumlah pesonel gabungan TNI/Polri diturunkan ke lapangan. Namun sebelum melaksanakan giat pengamanan, lebih dulu digelar apel di halaman kantor Satlantas Polres Kutim, Kamis (31/12/2020). 

Apel dimaksud turut dihadiri Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang, pasukan BPBD Kutim, Dishub, Satpol PP, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan undangan lainnya. 

Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang semalam mengajak masyarakat untuk tidak berlebihan dalam merayakan malam pergantian tahun. Mengapa? Karena saat ini penyebaran COVID-19 masih terus terjadi.

“Masyarakat jangan terlena, (lebih baik) tetap dirumah saja,” imbau Kasmidi. 

Ia menambahkan tujuan pengamanan tentunya untuk kebaikan bersama. Mencegah kerumunan dan memutus rantai penyebaran COVID-19. Mengingat angka positif COVID-19 cukup tinggi. Berkaitan hal itu, Kasmidi kembali mengingatkan agar masyarakat lebih menyayangi diri sendiri, keluarga dan orang-orang di sekelilingnya. Dengan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Mematuhi jam malam, mengenakan masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak.

Sore itu, Letnan Kolonel (Letkol) Czi Pabate saat memimpin apel gabungan pengamanan pergantian tahun, mengajak personil pengamanan untuk tidak segan menindak masyarakat. Terutama yang tidak mematuhi imbauan pemerintah terkait protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

“Tahun ini berbeda, karena adanya pandemi COVID-19. Perayaan tahun baru hendaknya digelar secara sederhana. Maklumat Kapolri dan surat edaran Gubernur Kaltim, hendaknya dilaksanakan. Jika tidak, sanksi tegas menanti,” ungkap Letkol Pabate.

Sebanyak 400 personel lintas stakeholder disiagakan di beberapa titik lokasi untuk melakukan pengamanan baik di gereja, pos pengamanan, pelayanan ataupun lokasi-lokasi yang disinyalir menjadi lokasi rawan. Sebagian juga ditugaskan untuk melaksanakan patroli keliling sebagai langkah preventif atas kemungkinan adanya tindak kriminalitas serta untuk menjaga kondusifitas masyarakat.

Dari pantauan di lapangan, perayaan malam pergantian tahun di Kutim secara umum berlangsung aman dan kondusif. Tak ada warga menggelar acara berkerumun. Nampak warga menikmati malam tahun baru 2021 di rumah bersama keluarga, sambil makan malam bersama. Puncaknya khas tahun baru, letupan kembang api bersahutan dari berbagai sudut Kota Sangatta dan langit hitam seketika menjadi kanvas percikan bunga api warna warni. (hms7/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here