Beranda Celebrity News Kick Off Sinovac Dimulai di Kutim, Bahrani Urutan Pertama Divaksin

Kick Off Sinovac Dimulai di Kutim, Bahrani Urutan Pertama Divaksin

288 views
0

Kepala Dinkes Kutim dr Bahrani dalam momen penyuntikan vaksin Sinovac. (Foto: Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

SANGATTA-Vaksinasi COVID-19 di Kutim dimulai. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim dr Bahrani Hasanal menjadi peserta pertama disuntik vaksin Sinovac yang digelar di Gedung BPU Kecamatan Sangatta Utara, Sabtu (30/1/2021) ini. Selain Bahrani, sejumlah tokoh publik juga divaksin.

Sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) Kutim Irawansyah menjadi peserta pertama namun tidak dilanjutkan karena ada tekanan darah yang tinggi. Selanjutnya Ketua DPRD Kutim Joni menjadi pasien kedua namun lagi-lagi bernasib sama karena ada tekanan darah tinggi, ia pun diminta untuk istirahat.

Akhirnya, dr Bahrani menjadi peserta ketiga. Mantan Direktur RSUD Kudungga itu akhirnya lolos dalam tahapan proses vaksinasi sehingga otomatis Bahrani di urutan pertama disuntik Sinovac.

“Pertama kita kemeja registrasi, lalu kemeja skrining pemeriksaan fisik seperti cek tekanan darah, hasilnya saya normal. Lalu kemeja vaksinator dan divaksin, dan terakhir observasi untuk melihat apakah ada gejala atau efek samping yang ditimbulkan,” ungkap Bahrani usai divaksin.

Bahrani menambahkan tidak ada rasa sakit sama sekali yang ditimbulkan saat disuntik. Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak takut vaksin.

“Vaksin ini aman dan halal. Vaksin ini meningkatkan kekebalan tubuh secara individu ataupun kelompok. Peserta vaksin tidak boleh tegang, harus santai agar tekanan darah normal. Penerima vaksin harus memiliki tekanan darah maksimal 139/89 mmHg” terangnya.

Sebelumnya, vaksin Sinovac sudah tiba di Kutim pada Selasa (26/1/2021) lalu. Ada 6.160 dosis vaksin Covid-19 Sinovac telah didistribusikan ke sejumlah fasilitas kesehatan dan puskesmas di 18 kecamatan. Hari ini vaksin akan disuntikkan ke ribuan tenaga kesehatan (nakes) di Kutim.

Diketahui, vaksin Sinovac yang diterima melalui Dinkes Kutim didampingi Badan POM dan Polres Kutim akan disuntikkan dalam dua dosis dalam dua tahapan. Sebanyak 6.160 dosis dijatahi kepada 3.080 orang yakni 10 tokoh dan sisanya 3.070 nakes. (hms13/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here