Beranda Pemerintahan Bupati dan Wabup Kutim Terpilih Bakal Dilantik Pekan Terakhir Februari 2021

Bupati dan Wabup Kutim Terpilih Bakal Dilantik Pekan Terakhir Februari 2021

2,114 views
0

SK Mendagri Nomor 131/966/OTDA. (ist)

SANGATTA– Pengambilan sumpah dan pelantikan Bupati/Walikota terpilih pada Pilkada tahun 2020 untuk gelombang pertama yang sejatinya digelar Rabu (17/2/2021) sudah pasti ditunda. Alasannya waktu itu belum adanya Surat Keputusan (SK) Mendagri dan sekaligus menunggu hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk para pesert pilkada yang bersengketa. Tentunya situasi dimaksud turut membuat pelantikan Bupati dan Wabup Kutim Terpilih tertunda.

Namun kini setelah terbitnya Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131/966/OTDA terkait Pelantikan Bupati/Walikota, kemungkinan besar Bupati dan Wabup Kutim Terpilih yakni Ardiansyah Sulaiman dan Kasmidi Bulang bakal dilantik jelang akhir Februari ini. Isi surat dimaksud telah disampaikan kepada seluruh Gubernur pada15 Februari 2021. Surat dimaksud juga disampaikan melalui teleconference atau video teleconference.

Berdasarkan ketentuan dalam SK Mendagri itu, dijelaskan bagi Kepala Daerah Kabupaten/Kota yang akhir masa jabatannya Februari 2021, khususnya yang terdapat sengketa perkara di Mahkamah Konstitusi (MK) pada 15-16 Februari 2021 dan hasilnya ditolak, maka pelantikan Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota dilakukan Gubernur pada minggu ke IV bulan Februari 2021. Pelantikan dilaksanakan secara virtual dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Kepala Biro Humas Setdaprov Kaltim Syafranuddin, setelah mendapat informasi dari Kepala Biro PPOD Setprov Kaltim Deni Sutrisno, menjelaskan rencananya pelantikan dilakukan serentak.

“Setelah kami berkoordinasi, dipastikan SK Mendagri terkait pengangkatan Kepala Daerah hasil Pilkada tahun 2020 yang seyogyanya dilantik pada Rabu 17 Februari 2021 diundur ke Jumat, 26 Februari 2021,” terangnya. “Kemendagri mengharapkan semua Kepala Daerah yang akan mengemban tugas hingga 2024 ini dilantik bersamaan secara virtual,” tambahnya. 

Pemkab Kutim dibawah koordinasi Plh Bupati Kutim Irawansyah saat ini terus melakukan koordinasi intensif terkait kegiatan dimaksud. Irawansyah berharap semua dapat dipersiapkan secara matang. Sehingga pada hari H, kendati dilakukan secara virtual, pelantikan Bupati dan Wabup Kutim terpilih yaitu Ardiansyah Sulaiman dan Kasmidi Bulang sukses dilaksanakan. Dengan mengedepankan disiplin protokol kesehatan COVID-19.(hms15/hms3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini