Beranda Kutai Timur Kutim Seharusnya Sudah Punya Pabrik Turunan Sawit

Kutim Seharusnya Sudah Punya Pabrik Turunan Sawit

55 views
0

Suasana Musrenbangcam Kongbeng. (Foto Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

KONGBENG – Meski Kutim merupakan daerah baru, namun saat ini memiliki kebun sawit terbesar di Kaltim. Hingga sekarang lahan perkebunan sawit di Kutim 446 ribu hektare lebih.

“Jika dibanding Kabupaten Paser dan Kukar yang merupakan kabupaten lama, lahan sawit di kedua kabupaten itu masih lebih besar Kutim. Paser sekitar 100 ribu hektare lebih, Kukar 200 ribu hektare lebih,” kata Bupati Ardiansyah ketika membuka Musrenbang Kecamatan Kongbeng, Rabu (17/3/2021), pagi.

Pada acara itu, Bupati Ardiansyah Sulaiman banyak menjelaskan tentang grand design pembangunan Kutim, dihadapan Wabup Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Joni dan anggota dewan, para Asisten Seskab. Kepala OPD, Camat, Sekcam, Kades, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan undangan lainnya.

Jika dilihat grand design Kutim sejak awal dan melihat luasan lahan sawit yang ada, menurut Bupati, seyogyanya Kutim sudah memiliki pabrik turunan sawit. Namun kenyataan sekarang, belum ada satu pun pabrik turunan sawit. Kenyataannya hanya ada pabrik CPO (Cruide Palm Oil) yang dikelola oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit. Justru di Bontang sudah ada pabrik turunan sawit, meski kota tersebut tidak memiliki perkebunan kelapa sawit.

“Yang menjadi pertanyaan adalah, dari mana memperoleh kepala sawit. Tentunya dari Kutim dan sekitar kota tersebut, kata Ardiansyah.

Terkait hal ini, Pemkab Kutim dibawah kepemimpinannya berencana membuat regulasi, untuk mendorong perusahaan perkebunan yang ada supaya membangun pabrik turunan sawit. Apabila hal itu terealisasi, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan menopang PDRB Kutim ke depan. (hms2.hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here