Beranda Pariwisata Wabup Hadiri Pesta Panen “Mecaq Undat” Desa Marga Mulia – Semua Kecamatan...

Wabup Hadiri Pesta Panen “Mecaq Undat” Desa Marga Mulia – Semua Kecamatan Diminta Buat Program Tahunan

63 views
0

Wabup Hadiri Pesta Panen “Mecaq Undat” Desa Marga Mulia. (Ist)

KONGBENG – Kedepan semua Kecamatan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bakal diminta untuk membuat program tahunan, terkait kegiatan adat dan Budaya. Hal guna menginventarisasi kegiatan adat dan budaya sehingga bisa dikenal masyarakat luar. Apabila nanti sudah terekspos, bisa mendatangkan wisatawan ke Kutim, diharapkan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati H Kasmidi Bulang, saat mengikuti acara silahturahmi dan perayaan pesta panen padi “Mecaq Undat” (Menumbuk Beras), di Desa Marga Mulia, Kecamatan Kongbeng, Jum’at (30/4/2021).

“Setelah lebaran nanti kita rencana akan ada Rakor atau Rapat Kerja khusus, untuk membahas kegiatan adat dan budaya yang berkaitan dengan pariwisata. Nanti saya minta setiap Kecamatan membuat program tahunan, seperti kegiatan kita hari ini Mecaq Undat,” kata Kasmidi didampingi istrinya Satriani Bahar.

Wabup menambahkan, Pemerintah akan mensupport dengan program kegiatan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Walau sepenuhnya tidak dapat dibiayai melalui APBD, Pemerintah bakal mencari solusi dengan melibatkan stakeholder yang ada. Agar program – program kegiatan adat dan budaya di Kutim bisa dikemas dengan baik.

“Atas nama Pemkab Kutim, kami memberikan apresiasi kepada semua lembaga adat dan semua tokoh-tokoh masyarakat, tokoh budaya, yang sampai pada saat ini mempertahankan adat istiadat dan budaya – budayanya. Karena ini (kegiatan budaya) yang akan mengangkat nama Kutim) kedepanya tutur Kasmidi.

Sementara itu, Ketua Pantia Efrison menyambut baik kehadiran Wabup berserta isteri dan rombongan yang telah menyampaikan waktu dalam kegiatan pesta panen padi “Mecaq Undat” yang digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan itu.

Efrison mengatakan kegiatan itu merupakan wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga bisa memetik hasil padi tahun ini. Ditahun berikut diharapkan bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. (hms15/hms3/hms7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here