Beranda Kutai Timur Bupati Lantik 156 Pegawai Fungsional di Lingkup Kabupaten Kutai Timur

Bupati Lantik 156 Pegawai Fungsional di Lingkup Kabupaten Kutai Timur

117 views
0

SANGATTA – Sebanyak 156 Aparatur Sipil Negara (ASN) baru dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) dilantik dan diambil sumpah/janji dalam jabatan fungsional. Prosesi dimaksud dipimpin Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman, diruang Akasia, Gedung Serba Guna (GSG), Bukit Pelangi, Kamis (29/4/2021).

Ditempat itu Ardiansyah mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan fungsional adalah untuk memenuhi ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen PNS. Berikutnya dilaksanakan berdasarkan persetujuan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) nomor 821/2276/OTDA tanggal 14 April 2021 perihal persetujuan pengangkatan PNS dalam jabatan fungsional dilingkungan Pemkab Kutim.

“Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji diharapkan bukan hanya sekedar acara seremonial, tetapi mengandung makna sebuah pengukuhan terhadap tugas dan amanat yang telah dipercayakan oleh negara,” terang Ardiansyah.

Hal itu menunjukkan bahwa pemerintah mempunyai perhatian khusus pada jabatan fungsional. Sehingga diharapkan akan lebih meningkatkan kinerja dan kesejahteraan. Karena mendapat tunjangan jabatan dan kenaikan pangkat yang lebih cepat. Sebab dipacu menggunakan angka kredit.

“Sumpah dan janji adalah komitmen. Tidak hanya berkomitmen kepada pribadi, tetapi sumpah dan janji disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Karena itu, saudara (ASN) harus bersungguh-sungguh melaksanakan tugas dan menunjukkan kinerja terbaik,” tegas Ardiansyah usai melantik 156 ASN pada jabatan fungsional itu.

Sebagai seorang pejabat fungsional, lanjut Ardiansyah, harus memiliki “high performance dan high commitment” (performa tinggi dan komitmen tinggi). Performance dengan kinerja pelaksanaan tugas-tugas negara sebaik-baiknya. Sedangkan commitment merupakan taat pada sumpah dan janji yang sudah ucapkan.

Untuk diketahui, pelantikan 156 orang pada jabatan fungsional ini terdiri dari 147 orang melalui tes CPNS tahun 2018 serta telah mendapatkan SK 100 persen sebagai ASN. Kemudian 9 orang lagi melalui inpassing 1 penyesuaian jabatan guna memenuhi kebutuhan organisasi.

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan fungsional tersebut turut disaksikan Wakil Bupati Kutim H Kasmidi Bulang, Sekretaris Kabupaten H Irawansyah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Pimpinan OPD dan undangan lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini