Beranda Pemerintahan BPBD Kutim Bantu Banjir di Benteng Mawakal, Kirim Perahu Karet dan Makanan

BPBD Kutim Bantu Banjir di Benteng Mawakal, Kirim Perahu Karet dan Makanan

86 views
0

Kepala Pelaksana BPBD Kutim Syafruddin Syam mendampingi Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman di titik banjir kawasan Muara Ancalong. TRC BPBD Kutim tampak mempersiapkan perahu karet untuk membantu warga. Foto: ist

MUARA ANCALONG – Banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Kutai Timur (Kutim) dalam beberapa hari terakhir langsung direaksi BPBD Kutim. Sejak Jumat (21/5/2021) kemarin, OPD yang memiliki tupoksi penanggulangan bencana ini telah mengirimkan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang bertugas mendistribusikan bantuan logistik makanan dan membantu evakuasi warga terdampak menggunakan perahu karet.

Banjir yang terjadi akibat hujan intensitas tinggi ditambah meluapnya air sungai membuat pemukiman warga dan jalan sebagai akses melintas warga terendam air cukup tinggi.

Menggunakan perahu karet, TRC BPBD Kutim menyusuri banjir di sejumlah desa, sebab kondisi banjir hari itu cukup mengkhawatirkan. Selain itu, TRC BPBD juna mempersiapkan dapur umum.

Kepala Pelaksana BPBD Kutim Syafruddin Syam berharap bantuan yang telah disalurkan melalui BPBD Kutim bekerja sama dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kutim ini bisa mengurangi beban warga terdampak.

“Kami juga menyampaikan terima kasih atas kepedulian segenap elemen yang terlibat dalam penanganan banjir Kutim. Semoga banjir segera surut, sehingga masyarakat bisa beraktivitas kembali seperti biasa,” tegasnya saat mendampingi Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat meninjau lokasi titik banjir di Muara Ancalong.

Ia menegaskan sesuai dengan arahan Bupati Kutim Ardiansyah, TRC BPDB Kutim bisa membantu korban yang kesusahan akibat banjir.

“Kami kirim perahu karet untuk mobilisasi aktivitas warga tetap berjalan,” terangnya.

Untuk diketahui, Pemkab Kutim telah mengalokasikan dana sebesar Rp 1,5 miliar untuk dana tanggap bencana yang dijadikan paket sembako sebanyak 3.000 paket yang sudah didistribusikan. Bantuan dari perusahaan di ring satu yang sudah dibagikan melalui camat-camat.

Pada Sabtu 22/5/2021) kemarin, manajemen PT KPC turut memberikan bantuan sembako senilai Rp 100 juta yang diterima secara simbolis oleh Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang. Rencananya pada Minggu (23/5/2021) ini, Wakil Bupati Kasmidi Bulang bersama Kapolres,Dandim,Danlanal, Dinsos, BPBD akan meninjau korban banjir dan menyalurkan secara langsung bantuan ke beberapa kecamatan yang terdampak banjir. (hms13/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here