Beranda Entertainment Pemkab Kutim Gunakan DTD Untuk Bantuan Banjir di 8 Kecamatan

Pemkab Kutim Gunakan DTD Untuk Bantuan Banjir di 8 Kecamatan

264 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman memberikan secara simbolis bantuan banjir ke Camat Long Mesangat Emmanuel Eng. Dalam kesempatan itu, Ardiansyah turut meninjau lokasi banjir di Muara Ancalong. Foto: ist

LONG MESANGAT – Curah hujan yang mengguyur di beberapa wilayah Kutai Timur (Kutim) beberapa waktu lalu terbilang sangat tinggi. Imbasnya, di sejumlah titik perumahan warga teredam banjir cukup dalam di Benteng Mawakal yang meliputi 8 kecamatan di antaranya Muara Bengkal, Muara Ancalong, Muara Wahau, Busang, Long Mesangat, Batu Ampar, Kongbeng dan Telen.

Pada Jumat (21/5/2021), Pemkab Kutim langsung melakukan langkah responsif dengan bergerak ke lapangan untuk menyalurkan bantuan ke korban banjir berupa sembako di Benteng Mawakal menggunakan dana tanggap darurat (DTD) secara simbolis. Dalam kesempatan itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kutim Jamiatul Khair dan Kepala BPBD Kutim Syafruddin bersama jajaran Koramil dan Polsek setempat juga langsung bergerak ke lapangan untuk melihat kondisi terkini banjir.

‘Atas nama Pemkab Kutim, kami menyalurkan sejumlah bantuan untuk warga yang terdampak banjir di 8 kecamatan ini. Langkah ini diambil secepatnya untuk meringankan beban masyarakat, semoga bermanfaat,” terang Ardiansyah saat menyerahkan bantuan ke Camat Long Mesangat Emmanuel Eng di Gedung BPU Long Mesangat.

Selanjutnya, Ardiansyah bersama rombongan meninjau lokasi titik banjir di Muara Ancalong yang merendam Desa Gemar Baru, Kelinjau Ilir, Kelinjau Ulu, Long Nah, Long Tesak, Muara Dun, Senyiur, dan Teluk Baru.

“Kami cukup prihatin atas musibah banjir yang melanda sejumlah daerah di Kutim. Saya sudah koordinasikan dengan Dinsos Kutim untuk memanfaatkan toko sembako di sekitar lokasi agar distribusi cepat ke warga dan untuk BPBD segera melakukan mobilisasi peralatan untuk mengevakuasi dan memberikan pertolongan untuk daerah yang terdampak,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Muara Ancalong Sabran melaporkan untuk di Muara Ancalong, banjir mengenangi sejumlah rumah warga dan jalan akses warga tidak bisa melintas. Banjir diakibatkan curah hujan yang sangat ekstrem dalam beberapa hari terakhir menyerang kawasan sungai dari hulu ke hilir yang akhirnya air meluap.

“Ketinggian air masih sepinggang orang dewasa di jalan raya. Namun untuk rumah panggung yang berada di seputar bantaran sungai, rata-rata sudah masuk ke dalam rumah warga. Sejauh ini, warga masih memilih untuk tetap bertahan di rumah,” terang Sabran melaporkan ke Bupati Kutim Ardiansyah saat itu.

Ia juga menambahkan akses transportasi warga juga masih tersendat, beberapa warga memilih mengandalkan menggunakan perahu pasalnya motor ataupun mobil tidak bisa digunakan.

“Itu yang paling parah, kalau mau keluar harus pakai perahu,” jelasnya.

Dijelaskan Sabran, lokasi titik banjir terparah di Muara Ancalong berada di pinggir bantaran sungai dan di jalan raya menuju Kecamatan Muara Bengkal.(hms13/hms3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini