Beranda Entertainment BMKG Gelar SLCN di Sangkulirang – Ajari Nelayan Pahami Iklim, Tingkatkan Hasil...

BMKG Gelar SLCN di Sangkulirang – Ajari Nelayan Pahami Iklim, Tingkatkan Hasil Tangkapan

124 views
0

Asisten Ekbang Setkab Kutim Suroto (batik hitam) menghadiri kegiatan pembukaan SLCN di Aula Gedung Kantor Camat Sangkulirang. Foto: Ist

SANGKULIRANG – Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan menggelar program Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) bertajuk “mewujudkan peningkatan hasil tangkapan nelayan, aman melaut berbasis informasi cuaca menuju masyarakat sejahtera” di Aula Gedung Kantor Kecamatan Sangkulirang, Rabu (2/6/2021).

Kegiatan dihadiri Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setkab Kutai Timur (Kutim) Suroto mewakili Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kutim Piter Buyang dan Camat Sangkulirang Rahmad. Sebagai narasumber tampak hadir Anggota Komisi V DPR RI Irwan, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo, Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Agus Wahyu Raharjo dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Rahma Juwita via zoom meeting.

Dalam kesempatan itu, Anggota Komisi V DPR RI Irwan mengapresiasi BMKG yang telah membuka gelaran SLCN di Sangkulirang yang bertujuan memberikan pengetahuan terhadap nelayan seperti informasi cuaca dan iklim ketika melakukan kegiatan perikanan. Sehingga, dapat mengantisipasi dampak dari variabilitas iklim dan iklim ekstrim khususnya di perairan Kutim.

“Saya sampaikan terima kasih kepada BMKG sudah melaksanakan program SLCN di Sangkulirang Kutim. Untuk para nelayan di Sangkulirang manfaatkan momen SLCN ini dengan sebaik-baiknya untuk menambah wawasan karena informasi dari BMKG sangat penting untuk keselamatan nelayan saat melaut,” ujar politikus Partai Demokrat itu.

Senada, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan tujuan SLCN adalah memberikan layanan sosialisasi khususnya kepada nelayan yang ada di daerah. Kegiatan tersebut untuk mengedukasi terkait dengan cuaca maupun iklim yang disampaikan oleh BMKG.

“Kami menyadari interpretasi dari hasil analisis untuk kebutuhan nelayan perlu ditingkatkan,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten Ekbang Setkab Kutai Timur (Kutim) Suroto meminta para nelayan di Kutim bisa mengikuti secara tuntas kegiatan SLCN dari awal kegiatan hingga akhir Jumat (4/6/2021).

Menurutnya, adanya SLCN para nelayan baik tangkap maupun budidaya dapat memahami informasi yang disampaikan BMKG. Hal ini berguna untuk keselamatan para nelayan saat melakukan kegiatan di tengah laut.

“Informasi cuaca dan iklim bisa menjadi acuan mereka (nelayan) untuk melaksanakan kegiatan,” imbuhnya.

Ditambahkan Suroto, SLCN merupakan program nasional untuk meningkatkan kesejahteraan bagi nelayan. Selain itu para nelayan juga dapat mengetahui cuaca dan iklim.

“Seperti yang kita ketahui perubahan cuaca dan iklim sangat berpengaruh khususnya di maritim,” tegas mantan Sekretaris DPRD Kutim itu.(hms13/hms7/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here