Beranda Celebrity News Pengurus Baru TP PKK Kutim Dilantik – Diminta Bersinergi Dengan OPD

Pengurus Baru TP PKK Kutim Dilantik – Diminta Bersinergi Dengan OPD

36 views
0

Ketua TP PKK Kutim Ny Hj Siti Robiah beserta pengurus lainnya dilantik oleh Ketua TP PKK Provinsi Kaltim Ny Hj Norbaiti Isran.(Ist)

SANGATTA – Ketua dan Pengurus TP PKK Kabupaten Kutai Timur (Kutim) periode 2021-2026 resmi dilantik diruang Meranti, Kantor Sekretariat Kabupaten Kutim, Rabu (30/2021). Ketua TP PKK Kutim Ny Hj Siti Robiah beserta pengurus lainnya dilantik oleh Ketua TP PKK Provinsi Kaltim Ny Hj Norbaiti Isran. Pelantikan turut disaksikan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman.

Nampak hadir dalam kegiatan itu, Wabup Kasmidi Bulang, Seskab Irawansyah, para Asisten, Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor, Ketua Cabang 6 Korcab XIII DJA II Lanal Sangatta, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0909 Sangatta, Ketua Bhayangkari, Jajaran TP PKK Provinsi Kaltim dan Kutim, Dharma Wanita, OPD dan stakeholder lainnya.

Usai melantik, Ketua TP PKK Provinsi Kaltim Norbaiti menjelaskan, keberadaan TP PKK bertujuan untuk memberdayakan keluarga dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. Agar terwujud keluarga yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berbudi luhur, sejahtera, maju, mandiri. Sadar hukum dan lingkungan, serta kesetaraan dan keadilan gender. 

Selain itu, PKK merupakan mitra pemerintah. Selama ini dinas atau instansi pemerintah selalu mendukung kegiatan-kegiatan PKK. Dengan kata lain, lingkup kerja PKK adalah melakukan kerjasama dengan organisasi perangkat daerah (OPD).

“Kerjasama PKK dengan dinas atau instansi bisa dituangkan melalui kesepakatan kerjasama atau MoU (Memorandum of Understanding),” ujar Isteri Gubernur Kaltim tersebut.

Disamping itu, Norbaiti menuntut agar PKK peka terhadap situasi dan kondisi terkini. Serta mempunyai terobosan-terobosan yang kreatif. Terobosan kreatif yang dimaksud Norbaiti ialah menyesuaikan kebutuhan daerah masing-masing. Seperti yang pernah disampaikan pada saat rapat Rakernas. 

“Artinya (kreativitas) tidak perlu kaku, tapi bisa dilaksanakan sesuai (kebutuhan) daerah kita,” tambahnya.

PKK menurut Norbaiti seperti batang tubuh, tidak hanya bekerja sesuai Pokja, akan tetapi saling menndukung kegiatan Pokja lainnya. Semua itu dapat dilakukan dengan kerjasama yang baik, saling mengisi dan bergandengan tangan demi menyejahterakan masyarakat.

Sementara itu Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman pada kesempatan ini mengharapkan agar OPD terkait dapat selalu berkoordinasi dengan TP PKK. Dia menyebut tugas PKK sangat luar biasa. Memberdayakan masyarakat, keluarga, kesehatan. Hingga konsen pada upaya meyesejahterakan, meningkatkan kemampuan keluarga dan lainnya.

“PKK bukan organisasi yang tupoksinya wajib dibiayai, tetapi untuk operasionalnya harus di support (dukung). Kegiatannya (mesti) berkoordinasi dengan OPD terkait. Untuk itu bisa di ikat dengan adanya MoU,” jelas Ardiansyah.

Selanjutnya Ardiansyah juga meminta bantuan PKK Kutim untuk menginstruksikan pengurus tingkat kecamatan  agar mengimbau masyarakat ikut vaksin. Tentunya juga mengingatkan warga agar tetap mengedepankan protokol kesehatan. (hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here