Beranda Infrastruktur Program P3TGAI Irwan Sudah Capai 90 Persen di 5 Desa Kaubun

Program P3TGAI Irwan Sudah Capai 90 Persen di 5 Desa Kaubun

38 views
0

Pekerja di perkebunan sawah Kecamatan Kaubun menyelesaikan proses pengerjaan P3TGAI dan menurunkan material bangunan.(Ist)

KAUBUN – Pelaksanaan aspirasi Anggota Komisi V DPR-RI Irwan dalam program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) di Kutai Timur (Kutim) terus dikebut.

Dari pantauan Pro Kutim, Jumat (2/7/2021) sejumlah pekerja tampak menyelesaikan bangunan irigasi yang berada di dekat sawah. Salah seorang tim penggerak di kecamatan relawan Irwan (IR-1) yakni Nano Susanto melaporkan di Kecamatan Kaubun, sebanyak 5 desa sudah 90 persen melaksanakan P3TGAI tahun pelaksanaan anggaran 2021.

“Semoga hal ini dapat membantu masyarakat dan petani padi untuk mempermudah menempatkan aliran air di persawahan sehingga hasil tani dapat dimaksimalkan,” ucapnya.

Selanjutnya, ia menambahkan menurut laporan tim koordinator desa (Kordes) ke tim koordinator kecamatan (Korcam) bahwa di Desa Kadungan Jaya masih ada 400-an meter irigasi yang harus dibangun.

“Kita harapkan di tahun berikutnya bisa disupport kembali untuk irigasi persawahan tersebut,” terangnya.

Sebelumnya, komitmen Anggota Komisi V DPR-RI Irwan ingin mendorong peningkatan sarana dan prasarana pertanian di Kaltim lewat P3TGAI bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sebagian besar dari proyek berbasis swakelola padat karya itu dikerjakan para kelompok tani setempat. Proyek ini sendiri memiliki nilai anggaran sebesar Rp 195 juta per lokasi.

Ia pun berharap P3TGAI di masa pandemi Covid-19 sekarang ini dapat memberikan manfaat untuk ekonomi para petani di Kaltim.

“Semoga bermanfaat untuk ekonomi para petani di Kaltim di tengah pandemi Covid-19 ini, serta hasil peningkatan tata guna air irigasi ini dapat mendukung program ketahanan pangan nasional dan daerah,” kata pria kelahiran Sangkulirang Kutim tersebut.

Ia mengaku akan terus memperjuangkan berbagai program pemberdayaan bagi masyarakat, baik dari sisi peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) maupun secara infrastruktur.

“Satu hal yang pasti, sampai 5 tahun ke depan, setiap tahunnya akan kami tingkatkan kualitas dan kuantitas P3TGAI di Kaltim,” tegasnya. (hms13/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here