Beranda Keagamaan Bupati Kutim Imbau Warga Ibadah di Rumah

Bupati Kutim Imbau Warga Ibadah di Rumah

53 views
0

Ardiansyah, saat ditemui usai Rapat Koordinasi Forkopimda Kabupaten Kutim dan Evaluasi VI PPKM  di Kabuten Kutim, diruang Yudha, Makodim 0909/Kutim.

SANGATTA – Sebagai upaya pencegahan penambahan kasus terkonfirmasi COVID-19 di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Bupati H Ardiansyah Sulaiman mengimbau masyarakat untuk melaksanakan ibadah di rumah saja. Menurut orang nomor satu di Kutim ini, hal itu dilalukan guna mencegah terjadi kerumunan massa. Mengingat tren peningkatan kasus di Kutim yang terus meningkat. Sehingga Kutim menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, mulai 26 Juli–2 Agustus 2021. 

“Tidak ada rumah ibadah yang ditutup, tetapi yang bertugas saja, yang ada di Masjid. Bila adzan terdengar, (bisa sholat) jamaah mengikuti dari rumah masing-masing. Termasuk Sholat Jum’at, minggu ini di istirahatkan, seperti yang telah disampaikan Kepala Kemenag tadi di rapat. Begitu juga, Pendeta lagi kotbah melalui daring (dalam jaringan) jemaat mengikuti dari rumah,” ungkap Ardiansyah, saat ditemui usai Rapat Koordinasi Forkopimda Kabupaten Kutim dan Evaluasi VI PPKM  di Kabuten Kutim, diruang Yudha, Makodim 0909/Kutim, Selasa (28/7/2021).

Ardiansyah menambahkan  selama PPKM ini hajatan atau acara pernikahan dan lainnya ditiadakan. Merujuk pada Instruksi Mendagri (Inmendagri), khususnya poin keempat. Yaitu kegiatan yang berpotensi mengundang banyak massa. Seperti resepsi pernikahan. Namun kalaupun ada akad nikah, bisa dilangsungkan dengan dihadiri maksimal 6 orang.

“Baik (akad nikah) di KUA ataupun di rumah,” tegas Ardinasyah. 

Satu hal lain yang terus diingatkan oleh Ardiansyah adalah agar masyarakat konsisten menerapkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas. Serta selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Perbanyakan makan dan minum yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas),” tutupnya. (hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here