Beranda Kutai Timur Kemerdekaan di Tengah Pandemi, Merah Putih Berkibar di Perairan AMFS

Kemerdekaan di Tengah Pandemi, Merah Putih Berkibar di Perairan AMFS

155 views
0

Bendera Merah Putih 7 x 1 meter berkibar di area Perairan Taka Bagang Sangatta Utara. (Foto: Askar/Irfan)

SANGATTA – Memaknai detik-detik proklamasi HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), komunitas pemerhati konservasi laut dari Alien Mangrove & Fish Sanctuary (AMFS) Sangatta bekerja sama dengan organisasi Mercy Kutai Timur (Kutim) dan Lanal Sangatta melakukan pengibaran Bendera Merah Putih di Perairan Taka Bagang AMFS Kecamatan Sangatta Utara, Selasa (17/8/ 2021) tepat pukul 11. 00 Wita bersamaan dengan gelaran rangkaian kegiatan Upacara Kenegaraan di Istana Negara pukul 10.00 Wib.

Pembina AMFS Sangatta Misbachul Choir melalui koordinator Faisal mengutarakan jika kegiatan berawal dari ide dadakan. Di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum ada tanda-tanda reda ini, AMFS mencoba menginisiasi gerakan pengibaran Bendera Merah Putih dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Lettu Laut (P) Gunawan Prasetyo secara simbolis menyerahkan bendera ke perwakilan AMFS Sangatta Faisal yang menjadi ketua upacara. (Foto: Askar/Irfan)

“Karena tidak boleh ada kerumunan, kegiatan pengibaran dibatasi. Pengibaran pun dilakukan tanpa gladi jadi langsung spontanitas. Kita tetap bekerja sama dengan kehati-hatian. Ada tujuh pengibar membentangkan Merah Putih sepanang 7 x 1 meter di Perairan Taka Bagang, enam orang dari AMFS Sangatta dan satu perwakilan dari anggota prajurit Lanal Sangatta ikut turun di kedalaman 4 meter,” terang Isal sapaan akrabnya.

Isal menambahkan kegiatan pengibaran di bawah laut ini turut diapresiasi oleh organisasi Mercy Kutim dan Lanal Sangatta, mereka turut merespon dan akhirnya terlibat.

“Kami ucapkan terima kasih untuk Mercy Kutim dan Lanal Sangatta. Saya harap kerja sama ini tidak sampai di sini dan terus berkelanjutan. Selain pengibaran bendera, kegiatan ini juga dirangkai dengan penanaman bibit mangrove dan transplantasi terumbu karang,” tegasnya.

Sementara itu, Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi yang diwakili Pasops Lanal Sangatta Lettu Laut (P) Gunawan Prasetyo menyampaikan bahwa merayakan kemerdekaan banyak ragamnya salah satunya dengan mencintai laut.

“Kegiatan membentangkan Bendera Merah Putih di dalam laut dan di atas karang butuh esktra kehati-hatian puluhan tahun untuk tumbuh lagi dengan sempurna kalau dalam kegiatan ini kita merusak karang yang ada. Saya apresiasi tim pengibar Bendera Merah Putih yang akan turun di laut Taka Bagang ini,” urainya.

Ia menambahkan dari kegiatan ini tentunya akan menjadi pembelajaran buat generasi yang akan datang terutama tentang wawasan tentang laut. Sesuai perintah Komandan Lanal Sangatta harus mendukung kegiatan yang berhubungan dengan laut karena merupakan napas din detaknya prajurit matra laut.

“Ke depan saya akan mengajak adik-adik Saka Bahari Pramuka Binaan Lanal Sangatta akan berkunjung ke area karang Taka Bagang yang indah ini agar mereka semakin terbuka wawasannya bahwa alam di luar sana itu indah dan patut dikagumi dan mengucap syukur atas berkah di hari kemerdekaan ini,” bebernya.

Senada, Ketua Mercy Kutim Ikhwan Syarif menyampaikan rasa terima kasihnya kepada TNI AL Sangatta yang ikut berperan di hari kemerdekaan.

“Semoga rencana yang kita laksanakan ini mendapatkan keberkahan dan keselamatan buat kita semua sehingga tentunya ke depan kita bisa berkarya lagi,” paparnya. (hms13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here