Beranda Pemerintahan Sambut PTM, Sekolah Siapkan Fasilitas Protokol Kesehatan

Sambut PTM, Sekolah Siapkan Fasilitas Protokol Kesehatan

40 views
0

Persiapan fasilitas protkes di lingkungan sekolah. (foto Fujiono Pro Kutim)

Satgas Penanganan COVID-19 Kutai Timur (Kutim) sudah memberi lampu hijau untuk gelaran perdana pembelajaran tatap muka (PTM). Namun tentunya dengan syarat mematuhi aturan protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat. Rekomendasi tersebut dilandasi status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Kutim yang sudah turun menjadi Level 3.

Kesepakatan PTM yang bakal dilaksanakan perdana 20 September 2021 inipun ditindak lanjuti pihak Disdik Kutim dengan peninjauan lapangan ke sejumlah sekolah. Apalagi kalau buka melihat progres persiapan penerapan protokol kesehatan, syarat vaksinasi dan administrasi lainnya.

“Kami melakukan pengecekan terbaru tentang kesiapan tiap-tiap sekolah disertai dengan surat pernyataan menjalankan pembelajaran secara luar jaringan (luring). Mulai dari SD, SMP dan SMA dalam penerapan prokes jelang PTM,” kata Kepala Disdik Kutim Syahrir, Selasa (14/9/2021).

Sekolah juga diimbau untuk memperhatikan syarat vaksinasi COVID-19 terhadap tenaga pendidik dan pelajar. Sterilisasi ruangan secara berkala. Itu demi mengantisipasi penularan COVID-19. 

Instruksi dan imbauan Disdik Kutim tersebut langsung ditindak lanjuti oleh sekolah-sekolah yang memang sudah mengajukan PTM. Dari pantauan media ini, satu contohnya di SMPN 3 Sangatta Utara, pihak sekolah sudah sibuk melakukan persiapan. Menyediakan tempat cuci tangan beserta sabun. Memasang beberapa alat pendeteksi suhu tubuh otomatis di pintu masuk. Membuat jalur yang wajib dilalui siswa menuju kelas dan ruangan lainnya. Menyusun meja kursi yang berjarak dengan kapasitas terbatas serta standar protokol kesehatan lainnya.

“Orang tua siswa juga sudah diminta mengambil formulir terkait data siswa yang akan segera di vaksinasi COVID-19 sebelum pembelajaran tatap muka dilakanakan,” kata Kadisdik Kutim Syahrir. (hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here