Beranda Pemerintahan Puncak WCD 2021, Masyarakat Diajak Kembali Galakkan Jum’at Bersih

Puncak WCD 2021, Masyarakat Diajak Kembali Galakkan Jum’at Bersih

262 views
0

Momen puncak peringatan World Cleanup Day 2021 di polder Sangatta. (Wak Hedir Pro Kutim)

SANGATTA- Momen puncak peringatan World Cleanup Day 2021, Jum’at (24/9/2021) pagi, digunakan sejumlah pihak untuk melakukan aksi bersih-bersih lingkungan, di Polder Ilham Maulana, Sangatta. Kegiatan ini digelar serentak di 187 Negara dan di Indonesia di 34 Provinsi. Khusus di Kaltim, sesuai arahan Gubernur dalam Surat Edaran (SE) Nomor 660.2/4884/EK tentang Pelaksanaan WCD 2021, even ini dihelat mulai 12-24 September 2021. Dilaksanakan di Kota Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kabupaten Berau, Kutai Kartanegara dan Kutai Timur (Kutim).

Pada puncak World Cleanup Day 2021, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengajak seluruh masyarakat, stakeholder dan komunitas-komunitas peduli lingkungan, serta komponen lainnya bersama Pemkab Kutim, kembali menggalakkan kembali “Gerakan Jumat Bersih”. 

Menurut Ardiansyah pemerintah konsen menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman. Salah satunya, bersih dari sampah yang selama ini masih menjadi masalah di Sangatta.  

“Saya berharap moment ini menjadi inspirasi bagi kita semua. Kebersihan pangkal kesehatan, maka dari itu kita harus tetap komitmen kembali untuk membersihkan lingkungan kita. Mudah-mudahan melalui konsep ini, Kutim khususnya Sangatta sebagai ibukota, menjadi kota yang bersih,” harap orang nomor satu di Kutim ini.

Sebelumnya Ketua Panitia pelaksanaan WCD di Kabupaten Kutim Andika Yohontoro mengatakan, khusus di daerah ini, puncak WCD 2021 dilaksanakan beberapa kegiatan. Diantaranya, sosialisasi pemilahan sampah, sosialisasi pemanfaatan sampah di daerah aliran sungai, sosialisasi bank sampah, sedeqah sampah. Berikutnya GREBEK RT (Gerakan bersih, kerja bakti bersama RT) kegiatan pungut sampah di Jl Yos Sudarso 1 sampai 4, sekaligus penyebaran brosur terkait jam membuang sampah kepada warga sekitar. Yakni mulai pukul 18.00 – 06.00 WITA sesuai Perda (Peraturan Daerah) Nomor 07 Tahun 2012. Serta kegiatan puncak, penanaman pohon di area Polder Ilham Maulana, Sangatta.

“Kegiatan ini bukan sekedar seremonial belaka, tetapi akan terus digelorakan disetiap nafas kita. Mari kita bersama bantu pemerintah mewujudkan Kutim bersih bebas dari sampah dan kita kurangi sampah mulai dari sekarang,” ucap Andika pada kegiatan yang juga dirangkai dengan penanaman bertahap 500 pohon teduh dan pohon buah-buahan. (hms15/hms3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini