Beranda Kutai Timur Semangat Hari Kesaktian Pancasila Harus Terus Dipertahankan !

Semangat Hari Kesaktian Pancasila Harus Terus Dipertahankan !

45 views
0

Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman bertindak selaku inspektur upacara. (Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

SANGATTA – Hari Kesaktian Pancasila di Kutim tahun ini di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) diperingati dengan melaksanakan upacara di Halaman Kantor Bupati Kutim, Jumat (1/10/2021).

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman. Meski ada peserta upacara, namun tak banyak karena dibatasi akibat pandemi COVID-19. Di tribun utama nampak unsur Forkopimda dan sejumlah pejabat duduk berjarak dan memgenakan masker sesuai protokol kesehatan sambil mengikuti jalannya upacara. Pembacaan Ikrar Kesetiaan terhadap Pancasila yang di bacakan oleh Ketua Komisi A DPRD Kutim Piter Palinggi melengkapi upacara ini. Secara umum upacara berjalan lancar dan hikmat.

Ditemui usai kegiatan, Bupati Kutim H Ardiansyah menjelaskan bahwa Pancasila sebagai dasar negara mempunyai kedudukan yang amat fundamental bagi bangsa Indonesia. Pancasila juga menjadi filosofis berbangsa maupun bernegara. Selanjutnya 30 September merupakan salah satu peristiwa sejarah bagi bangsa Indonesia, terkait ada upaya rongrongan Pancasila sebagai ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tapi dengan upaya yang dilakukan oleh tentara Indonesia, Pancasila mampu dipertahankan. 

“Makanya semangat ini harus terus kita gelorakan kepada anak cucu kita. Supaya mereka paham bagaimana kondisi negara (Indonesia) saat itu mengalami goncangan,” jelas Ardiansyah.

Ardiansyah menambahkan Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman dalam kehidupan berbangsa serta bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. (hms8/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here