Beranda Entertainment Dinsos Kutim Surati Camat – Soal Santunan Ahli Waris Korban Meninggal COVID-19...

Dinsos Kutim Surati Camat – Soal Santunan Ahli Waris Korban Meninggal COVID-19 Rp 10 Juta

113 views
0

Surat pemberitahuan santunan ahli waris korban meninggal Covid-19.(ist)

SANGATTA- Dinas Sosial (Dinsos) Kutim baru saja mengeluarkan surat pemberitahuan yang ditujukan untuk para camat se-Kutim. Menindaklanjuti Surat Gubernur Kaltim Nomor 440/5644/0901/B.Kesra/2021 tanggal 12 Oktober 2021 perihal pemberian santunan bagi ahli waris korban meninggal karena COVID-19.

Kepala Dinsos Kutim Jamiatulkhair dalam surat dimaksud menjelaskan bahwa prosedur penyaluran santunan ahli waris sudah selesai. Untuk diketahui jumlah santunan ahli waris ini sebesar Rp 10 juta per jiwa. Namun calon penerima harus melengkapi enam poin persyaratan.

“Pertama harus membawa fotokopi KTP dan KK ahli waris dan korban. Kedua, fotokopi surat keterangan kematian dari fasilitas pelayanan atau rumah karantina bagi yang karantina mandiri,” jelasnya dalam isi surat tersebut.

Kemudian untuk yang ketiga yakni membawa fotokopi surat kematian dari rumah sakit. Keempat, fotokopi surat keterangan hasil pemeriksaan (rekam medis) dari Dinas Kesehatan (Dinkes), puskesmas atau klinik yang menyatakan positif Covid-19.

Untuk yang keenam harus menyerahkan fotokopi buku tabungan dan rekening ahli waris yang ditunjuk Bank Kaltimtara agar tidak ada potongan administrasi. Terakhir, fotokopi surat pernyataan ahli waris dan surat kuasa ahli waris yang diketahui pejabat kecamatan yang telah dilegalisir.

“Setelah lengkap, berkas administrasi bisa diantar ke Dinsos Kutim Bidang Bantuan Sosial dan Jaminan Sosial paling lambat 26 Oktober 2021,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinsos Kaltim Agus Hari Kesuma membeberkan bahwa penyaluran santunan ahli waris korban meninggal COVID-19 berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Kaltim Nomor 40 Tahun 2021. Pihaknya pun sudah mengirimkan surat pemberitahuan ini ke Dinsos kabupaten/kota se-Kaltim.

“Kita sudah kirim surat ke kabupaten/kota untuk meminta data yang meninggal akibat COVID-19 bahwa ahli warisnya akan diberikan santunan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim,” terangnya.

Dinsos Kaltim akan melakukan pemeriksaan data dari kabupaten/kota. Setelah persyaratan sudah diverifikasi dilanjutkan penyampaian data ke Bank Kaltimtara.

“Semua data yang diverifikasi kita sampaikan ke Bank Kaltimtara, kemudian ditransfer ke rekening masing-masing,” jelasnya.

Agus menegaskan kembali bahwa data yang dihimpun kabupaten/kota akan diserahkan ke Dinsos Kaltim. Data itu kemudian dilampirkan dengan Pergub Gubernur lalu diberikan ke Bank Kaltimtara.

“Setelah diinput langsung ditransfer ke rekening ahli waris sebesar Rp 10 juta,” tegasnya.(hms13/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here