Beranda Celebrity News Disnakertrans Terus Buka Pelatihan Untuk Warga Kutim – Libatkan BLKI, Cetak Naker...

Disnakertrans Terus Buka Pelatihan Untuk Warga Kutim – Libatkan BLKI, Cetak Naker Terampil

137 views
0

Kadisnakertras Kutim Sudirman Latief. (Wak Hedir Pro Kutim)

SANGATTA – Sumber daya alam (SDA) yang tersedia di muka bumi sekarang ini cukup berlimpah. Untuk mengeksploitasinya, maka manusia butuh bantuan tenaga dari berbagai alat berat. Namun sebaliknya alat berat juga butuh perawatan dari para mekanik yakni manusia.

Melihat peluang penyerapan tenaga kerja dimaksud, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigasi (Disnakertrans) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Balai Kerja Latihan Industri (BKLI), secara berkesinambungan menggelar pelatihan untuk mencetak mekanik alat berat yang handal. Terkini, BLKI kembali membuka pendaftaran pelatihan untuk mekanik alat berat.

“Pendaftaran telah dibuka sejak 21-26 Oktober 2021. Pelatihan tersebut merupakan kerjasama Disnakertrans Kutim dengan PT ATP (Auto Tekni Perkasa),” jelas Kadisnakertras Kutim Sudirman Latief, Selasa (26/10/2021).

Sudirman Latif setelah resmi menjabat sebagai Kadis menjelaskan bahwa pelatihan itu akan dilaksanakan dengan tiga kelas berbeda. Yakni operator alat berat, las listrik dan mekanik alat ringan. Kemudian, ada pula tambahan dari PT Kaltim Prima Coal (KPC) yang membuka kelas mekanik alat berat.

Pendaftaran yang dibuka, terang Sudirman, untuk umum usia 18-25 tahun dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Namun apabila ada yang lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP), pihaknya juga tetap akan mengupayakan agar bisa ikut. Saat ini sudah ada sekitar 250 orang yang mendaftar di BLKI.

“Minggu depan akan mulai diseleksi. Sebab dalam 1 kelas hanya 16 orang. Sesuai dengan jumlah alat masih terbatas,” tambahnya.

Mereka yang sudah mendaftar akan masuk data base BKLI Kutim. Kemudian akan dilatih secara bertahap, pada anggaran tahun berikutnya. Tetapi bagi pendaftar yang belum lolos seleksi akan dijadikan cadangan sebagai peserta pelatihan selanjutnya.

Menurut Dirman, sapaan karib Sudirman Latief, tahun depan pihaknya akan menambah pelatihan kelas mejahit dan tata boga. Kegiatan ini menjadi upaya Pemkab Kutim membekali masyarakat Kutim usia produktif, terutama mereka yang belum memiliki keterampilan agar bisa terampil. Sehingga memiliki keterampilan khusus yang dibutuhkan oleh perusahaan atau dunia ketenagakerjaan. Tentunya dengan melibatkan pihak ketiga dalam setiap penyelenggaraan pelatihan. (hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here