Beranda Infrastruktur Tak Hanya Perekonomian, Pelabuhan Kenyamukan Potensial Dukung Pertahanan Negara

Tak Hanya Perekonomian, Pelabuhan Kenyamukan Potensial Dukung Pertahanan Negara

214 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman. (Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

SANGATTA – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman menyakini apabila Pelabuhan Kenyamukan sudah bisa dioperasikan sesuai rencana target 2023 mendatang, bakal mampu menopang perekonomian. Tak hanya itu, pelabuhan yang letaknya sangat strategis karena dilintasi Alur Laur Kepulauan Indonesia (ALKI) 2 ini berpotensi sebagai daya dukung pertahanan Negara. Khususnya wilayah kelautan yang ada di sekitar Indonesia tengah dan timur.

“Wilayah Kutim yang berada diposisi sangat strategis dan berdekatan dengan selat Makassar memiliki kedalaman laut hingga 50 meter,” kata Ardiansyah saat menyampaikan sambutan pada presentasi PT Pelindo tentang rencana kerjasama dengan Pemkab Kutim, di ruang Tempudau, Kantor Bupati, Senin, (8/11/2021).

Kenyataan tersebut bukan tidak mungkin dijadikan sebagai jalur lalulintas kapal selam asing yang tidak bisa dideteksi oleh pertahanan Indonesia di laut. Maka dari itu, infrastruktur pelabuhan yang dibangun di wilayah Kutim, selain berdampak positif pada laju pertumbuhan ekonomi, tentunya mesti menopang sektor lainnya, seperti keamanan maritim. Ditambah lagi Kalimantan Timur (Kaltim) telah didaulat sebagai Ibu Kota Negara (IKN). Tentunya keberadaan Pelabuhan Kenyamukan memberi nilai lebih dan patut diperhitungkan  karena berada di daerah penyangga IKN.

“Saya yakin kalau Pelabuhan Kenyamukan ini jadi, bisa menjadi fasilitas daya dukung pertahanan kelautan kita melalui Lanal (Sangatta)” ujar Ardiansyah. (hms8/hms3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini