Beranda Kutai Timur Sekitar 140 Ribu Warga Kutim Sudah Vaksin Covid-19

Sekitar 140 Ribu Warga Kutim Sudah Vaksin Covid-19

48 views
0

Kadinkes Kutim dr Bahrani .(ist)

SANGATTA – Secara keseluruhan, capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) telah mencapai sekitar 55 persen. Sesuai data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim, dari target 335 ribu orang yang harus divaksin, sudah 140 ribu diantaranya telah mendapatkan suntikkan vaksin COVID-19 (dosis satu).

“Kita sudah capai 55 persen dari target itu, sudah sekitar 140 ribu orang yang divaksin,” jelas Kadinkes Kutim dr Bahrani kepada awak media saat dihubungi via telpon, Minggu (15/11/2021).

Bahrani menjelaskan, Pemerintah Pusat menargetkan setiap daerah mengejar minimal 70 persen pelaksanaan program vaksinasi COVID-19. Khusus di Kutim, dari sekitar 421 ribu jumlah penduduk yang ada, artinya Pemkab harus menyuntik sekitar 335 ribu masyarakat untuk mengejar target dimaksud.

Namun demikian, agar progress positif untuk capaian target vaksin kalangan remaja usia 12-17 tahun. Hingga saat ini sudah hampir 90 persen tercapai. Khususnya di wilayah perkotaan, seperti Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Rantau Pulung, Bangalon dan Teluk Pandan. Sedangkan di wilayah kecamatan lainnya diserahkan kepada pihak sekolah.

“Di kecamatan-kecamatan lainnya juga kita sedang menyasar para pelajar. Karena mereka yang lebih mudah dijangkau. Itu kita serahkan kepada guru-guru dan Kepala Sekolah untuk informasi dan sosialisasinya,” imbuhnya.

Sementara itu untuk vaksinasi COVID-19 dengan sasaran warga lanjut usia (lansia), Bahrani mengaku sedikit kesulitan mencapai target. Selain karena alasan medan perjalanan Kutim yang cukup berat, jarak rumah warga satu ke lainnya jauh dan cenderung memakan waktu. Tapi walaupun begitu, pihaknya akan tetap mengejar sasaran vaksinasi bagi lansia secara bertahap. (hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here