Beranda Entertainment Koperasi Harus Didukung SDM Berkualitas

Koperasi Harus Didukung SDM Berkualitas

71 views
0

Bupati Ardiansyah saat foto bersama peserta  pelatihan Akuntansi Koperasi bagi Pengurus Koperasi. (Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

SANGATTA – Rabu (17/11/2021) ini, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kutai Timur (Diskop UMKM Kutim) menggelar Pelatihan Akuntansi Koperasi bagi Pengurus Koperasi. Kegiatan pelatihan yang dibuka Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman berlangsung di Resto and Café Teras Belad, Sangatta Selatan. Bertujuan agar sistem pencatatan sistematis yang mencerminkan pengelolaan koperasi semakin transparan dan bertanggungjawab, sesuai dengan nilai, norma dan prinsip koperasi.

Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman kepada seluruh peserta pelatihan mengatakan, kehadiran koperasi sangat bermanfaat bagi masyarakat. Namun demikian agar semakin menambah manfaat, Ardiansyah menyebut setiap koperasi perlu didukung pengelolaan maksimal dari sumber daya manusia (SDM) berkualitas yang menjadi pengurus koperasi.

“Adanya pelatihan ini diharapkan mampu menyajikan laporan keuangan dengan baik dan benar sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku,” harap Ardiansyah.

Permasalahan sumber daya manusia pada koperasi, sambung Ardiansyah, merupakan masalah yang harus dicari solusinya. Karena akan sangat berdampak pada keberlanjutan organisasi koperasi. Laporan keuangan yang baik akan meningkatkan kepercayaan anggota dan pihak luar. Khususnya dalam manajemen keuangan dan akuntansi, sehingga dapat mendukung penerapan manajemen keuangan yang transparan dan akuntabel.

“Semoga momen (pelatihan) ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik, agar koperasi dapat berperan dan berfungsi dengan baik. Dikelola oleh tenaga yang profesional yang benar-benar ahli dibidangnya,” harap orang nomor satu di Pemkab Kutim tersebut.

Kabid Kelembagaan Diskop UMKM Firman Wahyudi mewakili Kepala Dinasnya mengatakan, pelatihan ini akan berlangsung selama tiga hari. Sejak 17 sampai 20 Oktober 2021. Dengan menghadirkan narasumber Ferdiansyah SE dari LAPENKOP (Lembaga Pendidikan Perkoperasian) dan melibatkan 30 orang perwakilan berbagai koperasi yang ada di Kutim sebagai peserta.

“Dengan tujuan utama untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan pengurus koperasi tentang akuntansi dan penyusunan laporan keuangan koperasi. Sehingga menjadi lebih efektif dan efisien,” sebut mantan Kasubbag Protokol Setkab Kutim tersebut.

Selanjutnya koperasi jadi memiliki daya saing yang tinggi, sehat dan berkembang. Selain itu, bertujuan memberikan pemahaman secara mendalam tentang bagaimana cara menerapkan akuntansi koperasi secara baik dan benar sesuai ketentuan dan peraturan.(hms8/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here