Beranda Kutai Timur RSUD Kudungga Gelar Workshop PPK-BLUD -Tingkatkan Kualitas Layanan Pada Masyarakat

RSUD Kudungga Gelar Workshop PPK-BLUD -Tingkatkan Kualitas Layanan Pada Masyarakat

295 views
0

SANGATTA – Demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sangatta menggelar Workshop Keselarasan Pemahaman dan Implementasi Pola Pengelolaan Keuangan – Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD). Serta penguatan kelembagaan. Workshop dibuka Wakil Bupati Kutai Timur (Wabup Kutim) H Kasmidi Bulang, di Hotel Royal Victoria, Senin (22/11/2021). 

Kasmidi berharap melalui kegiatan ini, jajaran RSUD Kudungga mampu bekerja lebih efektif. Dapat merencanakan pendapatan dan pengeluaran, pengelolaan keuangan. Serta pelaporan dapat dilakukan secara efisien, transparan dan akuntabel. 

“Dengan pelayanan yang baik, tentu RSUD Kudungga akan menjadi pilihan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” kata Kasmidi.

PPK-BLUD, terang Kasmidi, bertujuan  memberikan pelayanan umum secara lebih efisien dan efektif. Sejalan dengan praktik bisnis yang sehat. Tidak mengutamakan pencarian keuntungan, tapi efektifitas dan efisiensi serta kualitas pelayanan umum. BLUD bukanlah BUMD yang mengedepankan keuntungan perusahaan (profit oriented) semata. Karena akuntabilitas pengelolaan keuangan BLUD masih di dalam entitas Pemerintah Daerah.

“Tidak sekedar sebagai format baru dalam pengelolaan APBN/APBD, tetapi diharapkan menjadi pembaharuan manajemen keuangan sektor publik demi meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat,” tambahnya.

Sedangkan Kepala RSUD Kudungga dr Yuwana Sri Kurniawati menjelaskan, workshop yang berlangsung sehati ini diikuti 53 peserta. Menghadirkan narasumber Syahrudin Hamzah dari Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSADA). 

“(Workshop) Ini adalah salah satu bentuk respon kami (RSUD Kudungga) untuk menyikapi tuntutan masyarakat yang semakin kritis dan informatif. Serta sebagai salah satu wujud untuk memberikan pelayanan secara maksimal,” tutupnya. (hms8/hms3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini