Beranda Entertainment Guru Sukseskan PTM Selama Pandemi COVID-19

Guru Sukseskan PTM Selama Pandemi COVID-19

52 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman bertindak selaku inspektur upacara.(Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

SANGATTA- Puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 76 di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) ditandai dengan pelaksanaan upacara di Halaman Kantor Bupati, Pusat Perkantoran Pemkab Kutim di Bukit Pelangi, Kamis (25/11/2021).

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman bertindak selaku inspektur upacara. Mengusung tema ”Bergerak Dengan Hati Pulihkan Pendidikan”, upacara turut dihadiri Wakil Bupati Kasmidi Bulang, unsur Forkopimda, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan guru serta undangan lainnya.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan, selama hampir dua tahun terakhir guru terus berjuang memberikan pendidikan. Khususnya di tengah semua tantangan selama pandemi COVID-19.

Guru ditantang memanfaatkan teknologi membuat pembelajaran daring harus menarik bagi semua murid. Sementara di daerah yang sulit akses internet, banyak guru yang menantang risiko dengan mengajar dari rumah ke rumah.

“Kami berupaya membantu dan mendukung para pendidik dan tenaga kependidikan dengan menghadirkan beragam paket kebijakan. Kami sudah melaksanakan relaksasi dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Sehingga bisa digunakan untuk membayar honor guru non-PNS, guru-guru honorer,” jelas Nadiem.

Kemudian pemerintah juga memberikan opsi bagi guru untuk menerapkan kurikulum darurat yang lebih ramping dan lebih sederhana. Dengan membagikan modul pembelajaran di masa khusus untuk membantu pembelajaran di daerah yang sulit akses internet.

Sekarang, sambungnya, berkat ketangguhan guru, Indonesia berhasil melewati masa yang penuh tantangan. Saat ini pemerintah mulai melaksanakan pendidikan tatap muka (PTM) terbatas. Dengan menerapkan protokol kesehatan ketat demi keselamatan semua warga sekolah.

“Sekali lagi, peran Ibu dan Bapak Guru sangatlah besar dalam menyukseskan PTM terbatas. Saya ingin mengucapkan terima kasih. Terima kasih atas kerja keras dan dedikasi Ibu dan Bapak dalam mendidik anak-anak Indonesia menjadi generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter,” tutupnya.

Secara umum upacara berjalan lancar hingga selesai. Acara dirangkai dengan pengumuman pemenang lomba bagi Kepala Sekolah dan Guru yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik). Lomba sengaja digelar untuk memeriahkan peringatan HGN dan PGRI ke 76 tahun ini. (hms8/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here