Beranda Pertanian 5 Desa di Bengalon Terima CSR KPC – Program Pemulihan Pascabanjir

5 Desa di Bengalon Terima CSR KPC – Program Pemulihan Pascabanjir

147 views
0

5 Desa di Bengalon Terima CSR KPC. (Ist)

BENGALON – Lima desa yang ada di Kecamatan Bengalon menerima bantuan corporate social responsibility (CSR) dari PT Kaltim Prima Coal (KPC).  Bantuan itu diberikan sebagai tanggung jawab sosial perusahaan dan rasa kemanusian kepada para petani yang mengalami gagal panen akibat banjir beberapa waktu lalu. Lima desa penerima CSR adalah Desa Keraitan, Muara Bengalon, Sepaso Timur, Sepaso Barat dan Sepaso Selatan. 

Bantuan secara simbolis pada Minggu (26/12/2021)lalu, dihalaman Kantor Kecamatan Bengalon diserahkan langsung kepada perwakilan Kelompok Tani dari 5 Desa Kecamatan Bengalon oleh Manager Bengalon Community Relations Departemen (BCRD) KPC Syahruldin dan Denny Pratama. Disaksikan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Kepala Dinas Pertanian Kutim Dyah Ratnaningrum Camat BengalonSuharman dan undangan lainnya. 

Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman mengakui banjir yang berlangsung kurang lebih dua pekan di Bengalon memang butuh pemulihan, khususnya bagi para petani. Untuk itu Pemkab Kutim bersinergi dengan stakeholder melakukan upaya pemulihan tersebut. 

“Saya terima kasih sekali (kepada PT KPC), paling tidak (bantuan) ini bisa meyakinkan para petani untuk menanam kembali dan mengolah lahan sawahnya,” ujarnya. 

Orang nomor satu di Pemkab Kutim tersebut berharap dengan adanya bantuan itu, produksi pertanian bisa lebih meningkat. Bahkan bibit berkualitas terbaik dapat diberikan, sebagai penunjang perekonomian mereka. Ia juga meminta komitmen KPC untuk selalu membantu masyarakat di sekitar area tambang operasional perusahaan.

Sementara itu, Manager BCRD KPC Syahruldin menerangkan, pada awal Desember 2021, Bengalon mendapat bantuan CSR dari KPC senilai Rp 400 juta. Berupa peralatan pertanian (Alsintan) dan pupuk. 

“Ini bantuan program CSR tahun 2021 berupa alsintan dan sejalan dengan program pemerintah, khususnya Dinas Pertanian,” ucap Syahruldin dan dibenarkan rekan kerjanya Denny Pratama. 

Ia merinci, bantuan untuk 5 desa tersebut masing-masing, untuk Desa Keraitan dan Desa Muara Bengalon menerima 2 mesin Hand Tractor Multiguna (Yanmar YZC-NL 105). Desa Sepaso Timur diberikan kepada Kelompok Wanita Tani Kencana 1 dan Karya Etam berupa 2 mesin Cultivator (Yanmar Te 550n). Untuk BUMDES Mekar Bersama Desa Sepaso Barat menerima 1 set mesin Rice Polisher (Yanmar TF 115 PK, mesin pemecah gabah Yanmar HW 60 AN, Mesin Rice Polisher YCP 220 dan Aksesories). 

Selanjutnya kepada Kelompok Tani Harapan Jaya Desa Sepaso Barat, 1 set mesin pompa air (Yanmar TF 8,5 PK dan aksesoris) serta 5 ton pupuk NPK Phonska. Untuk Kelompok Tani Aneka Karya Desa Sepaso Barat 1 unit mesin pompa air (Robin 5 PK dan Aksesories). Kemudian kepada Desa Sepaso Selatan ,1 set mesin pompa air (1 Unit Mesin INDA 33 PK, 2 unit pompa keong 8 inch, 2 unit Vanbel B90, 50 batang Pipa PVC AW 8 inch) dan 3 unit mesin pemotong rumput merk Stihl. (hms7/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here