Beranda Pemerintahan Bupati Buka Musda III Perhiptani Kutim – Ardiansyah : Keberhasilan Petani Tak...

Bupati Buka Musda III Perhiptani Kutim – Ardiansyah : Keberhasilan Petani Tak Lepas Peran Penyuluh Pertanian

77 views
0

Bupati Ardiansyah saat memberikan sambutan Musda Perhiptani di Hotel Kutai Permai. (Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

SANGATTA- Musyawarah Daerah III (Musda) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kutim Tahun 2022, di Hotel Kutai Permai, Jalan Yos Sudarso 1, Selasa (4/1/2022) berlangsung lancar. Musda ini dibuka Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman.

Bupati Ardiansyah yang hadir didampingi Wabup Kasmidi Bulang saat sambutan menjelaskan, Kalimantan Timur (Kaltim) khususnya Kutim dianugerahi banyak sekali kekayaan sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Termasuk dari hasil pertanian. Selain mampu mencukupi kebutuhan masyarakat lokal, ternyata juga mampu menembus ke pasar global.

“Keberhasilan itu, salah satunya tidak terlepas dari peran para penyuluh (pertanian) kita,” ujarnya disambut tepuk tangan para peserta yang hadir.

Pengembangan teknologi pertanian, sambung Ardiansyah, mutlak dilakukan sebagai satu upaya dalam meningkatan kualitas dan hasil pertanian. Agar para petani di Kutim semakin sejahtera secara ekonomi.

“Kata kuncinya, harus ada yang menjaga, mengawasi, serta mengarahkan. Itu merupakan bagian dari tugas para penyuluh,” ucap Ardiansyah di hadapan Wakil Ketua DPRD Kutim Asti Mazar dan beberapa Anggota DPRD Kutim lainnya, Kepala OPD serta undangan lainya.

Sektor pertanian menurut Ardiansyah menjadi salah satu fokus utama pembangunan Kutim. Dituangkan dalam misi kedua Pemkab Kutim yakni “Mewujudkan Daya Saing Ekonomi Masyarakat Berbasis Sektor Pertanian”. Dia mengajak semua pihak terkait untuk bekerja keras mewujudkan Kutim sebagai wilayah Agrobisnis dan Agroindustri.

“Ini pekerjaan utama kita di Kutai Timur, ” tegas Ardiansyah.

Sebelumnya Ketua Panitia Musda III Perhiptani Kutim Saheludin melaporkan, musyawarah kali ini bertema “Melalui Musda III Perhiptani Kabupaten Kutai Timur Kita Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Penyuluh Pertanian di Era 4.0”. Berlangsung selama dua hari dengan tujuan menilai laporan pertanggungjawaban pengurus dan menetapkan program kerja daerah.

“Serta memilih kepengurusan baru Perhiptani periode 2022-2027,” ucapnya. (hms8/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here