Beranda Kutai Timur Bankaltimtara Sosialisasikan Transformasi Digital Daerah, Menuju Digital Smart City

Bankaltimtara Sosialisasikan Transformasi Digital Daerah, Menuju Digital Smart City

210 views
0

Foto bersama usai mengikuti sosialisasi program transformasi digital daerah, menuju digital smart city. (Fuji Pro Kutim)

SANGATTA- Era digitalisasi tentunya memaksa semua sektor untuk beradaptasi pada penerapan sistem digital. Tak hanya menyesuaikan zaman modernisasi, namun karena kemudahan sesuai kebutuhan. Berlatar belakang hal itu, Bankaltimtara Cabang Sangatta sesuai dengan kebijakan induknya juga menerapkan transformasi digital daerah menuju smart city.

Percepatan transformasi digital guna mendorong peningkatan implementasi dan pemanfaatan teknologi digital, baik di instansi pemerintahan, korporasi bisnis, maupun institusi terus digaungkan Bankaltimtara. Hal ini dilakukan demi mengamankan pengelolaan asset melalui transaksi keuangan keuangan pemerintah daerah secara digital.

“Digitalisasi transaksi keuangan pemerintah daerah sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat, untuk diterapkan daerah yang salah satunya dalam transaksi keuangan,” jelas Rahmadi, Pemimpin Bidang Layanan dan Operasional Bankaltimtara Cabang Sangatta, mewakili pimpinannya, dalam sosialisasi program tersebut di Ruang Pelangi, Hotel Royal Victoria, Senin (17/1/2022).

Ditambahkan olehnya, pelaksanaan program ini sesuai kebutuhan. Saat ini sudah dimulai oleh (OPD) pada penerimaan pajak daerah di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) sebagai prioritasnya. Kemudian dilanjutkan dengan OPD lain. Bank Kaltimtara akan terus melakukan sosialisasi soal penggunaan aplikasi yang sudah disiapkan pihak bank. Kutim saat ini tengah gencar menyukseskan program smart city. Tentunya hal tersebut sejalan dan berinergi dengan program digitalisasi ini.

Intinya Bankaltimtara siap bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemkab Kutim. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri Kepala dan perwakilan OPD lingkup Pemkab Kutim, termasuk Dirut RSUD Kudungga Sangatta. Pada kegiatan ini, Bankaltimtara turut menghadirkan Tim Monitoring ETP dan SIPD dari Kantor Pusat untuk menyampaikan informasi yang disosialisasikan. Mereka adalah Oska Yoris selaku Pimpinan Departemen Pengembangan Produk dan Jasa serta Dicky A Widianto sebagai Pimpinan Departemen Perencanaan Teknologi Informasi.

Sementara itu Kepala Bapenda Kutim Syahfur mewakili Pemkab Kutim mengatakan bahwa program transformasi digital daerah, menuju digital smart city ini sangat positif. Karena memberi kemudahan pengelolaan keuangan daerah.

“Selama ini Bankaltimtara merupakan mitra Pemkab Kutim sejak dulu. Transformasi digital daerah, menuju digital smart city sangat diperlukan. Selain demi kemudahan pengelolaan keuangan daerah, hal ini juga bersinergi dengan program smart city yang tengah dilaksanakan oleh Pemkab Kutim,” kata Syahfur.

Ke depan, dengan adanya perkembangan ekonomi dan teknologi kebijakan smart city serta sistem pemerintah berbasis elektronik, maka setiap OPD harus siap ketika ada perubahan dalam tata kelola pelayanan masyarakat. Artinya tidak ada lagi alasan OPD menghindarinya. Syahfur meyakini Kutim siap, karena sebelum pelaksanaan sudah dilakukan sosialisasi. Terakhir Syahfur berharap seluruh peserta sosialisasi mampu memahami paparan dari setiap pemateri agar penerapan digitalisasi dalam pelayanan ke masyarakat dilaksanakan secara baik. (hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here