Beranda Pemerintahan Pemkab Kutim Bakal Galakkan Program Bangga Kencana – Kendalikan Laju Pertumbuhan Penduduk

Pemkab Kutim Bakal Galakkan Program Bangga Kencana – Kendalikan Laju Pertumbuhan Penduduk

142 views
0

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Setkab Kutim Tejo Yuwono penyerahan piagam penghargaan kepada pihak RS SOHC pada kegiatan lomba peningkatan pelayanan KB, PP dan PK RS tipe D TK Kaltim 2021.(Hasyim Dokpim Setkab Kutim)

SANGATTA – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kutai Timur (Kutim) menggelar kegiatan peningkatan peran mitra dalam program bangga kencana bekerja sama dengan BKKBN Kaltim. Kegiatan dibuka oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Setkab Kutim Tejo Yuwono, diruang Tempudau, Kantor Setkab Kutim, Rabu (19/1/2022).

Tejo menegaskan bahwa Pemkab Kutim tetap fokus dengan program bangga kencana, karena program tersebut dianggap berjalan sesuai rencana. Ia menjelaskan Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) adalah program dari BKKBN yang bertujuan mewujudkan keluarga berkualitas dan hidup dalam lingkungan yang sehat.

“Dengan salah satu tujuan utamanya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” bebernya.

Ia menegaskan program ini juga merupakan program pembangunan keluarga, pembangunan kependudukan dan ada pula program keluarga berencana. Apalagi jumlah penduduk di Kutim sampai saat ini belum terkontrol, akibat vakumnya BKKBN di masa pandemi. Menurut ia, program tersebut harus digalakkan oleh DPPKB dengan menambahkan program tribina. Yakni bina keluarga balita, bina keluarga remaja dan bina lansia.

Tejo yang datang mewakili Bupati Kutim mengapresiasi kegiatan tersebut. Pasalnya kegiatan ini merupakan usaha untuk mengemban visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kutim saat ini. Dalam mewujudkan Kutim sejahtera untuk semua. Salain itu, pemerintah pun selalu mendorong program Bangga Kencana, agar berkelanjutan sampai menjadi gerakan masyarakat.

“Sinergi yang terbangun antara DPPKB dengan stakeholder, harus tetap dipertahankan. Lebih bagus lagi ditingkatkan,” pesan Tejo.

Acara yang mengusung Tema “Bersama Mitra Menuju Keluarga Berkualitas” ini dirangkai juga dengan pemasangan implan baru secara simbolis. Turut dihadiri Kepala BKKBN Kaltim Muhammad Edi Muin, Kepala DPPKB Kutim Setiadi Halim, Ketua TP PKK Kutim Siti Robiah, Ketua IBI Kutim Triana Nur dan jajaran Babinsa Kodim 0909 Kutim.

Sebelumnya, Ketua panitia pelaksana kegiatan Mustika menyampaikan, peran mitra yang dilakukan oleh DPPKB dalam program Bangga Kencana menjadi solusi mengatasi masalah di lapangan. Sekaligus memperkuat jaringan dalam menerapkan program tersebut.

“Mitra DPPKB Kutim meliputi TNI, IBI, TP PKK dan pihak-pihak terkait,” ucapnya.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada RS SOHC pada kegiatan lomba peningkatan pelayanan KB, PP dan PK RS tipe D TK Kaltim 2021. Piagam capaian pelayanan kepada RSPKT Prima Sangatta pada layanan KB MKJP di RS TK Provinsi Kaltim dan Praktik Mandiri Bidan Triana Nur pada capaian pelayanan KB MKJP kategori Praktik Mandiri TK Provinsi Kaltim pada pelayanan KB serentak sejuta Akseptor 2021. Kemudian pemaparan materi oleh Kepala BKKBN Kaltim kepada 35 peserta. Diantaranya pengurus IBI dan Babinsa serta jajaran TP-PKK Kutim. (hms7/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here