Beranda Pemerintahan Program Pemerdayaan Masyarakat Oleh Pertamina Diapresiasi Bupati Kutim

Program Pemerdayaan Masyarakat Oleh Pertamina Diapresiasi Bupati Kutim

68 views
0

Peresmian dan penanaman pohon di Sangkima Jugle Park oleh Bupati Kutim dan manajemen PT Pertamina serta Balai TNK. (Fuji Pro Kutim)

SANGATTA SELATAN- Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ardiansyah Sulaiman mengapresiasi Pertamina Hulu Indonesia Region 3 Zona 9 Sangatta Field yang telah berkontribusi memberdayakan masyarakat. Apresiasi tersebut disampaikan oleh Ardiansyah saat menghadiri acara Semarak Stakeholder Gathering, Pertamina Hulu Indonesia Region 3 Zona 9 Sangatta Field, di Sangkima Jugle Park, Sangatta Selatan (Sangsel), Rabu (20/1/2022).

“Khususnya program pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan tentunya harus diteruskan. Saya mengapresiasi atas prestasi yang dicapai oleh Pertamina Sangatta Field,” sebut Ardiansyah.

Selain itu, Bupati juga mendukung kegiatan gathering yang dilaksanakan perusahaan plat merah tersebut. Karena dapat meningkatkan kebersamaan internal perusahaan dan stakeholder lainnya. Pesan penting lain yang disampaikan Ardiansyah yaitu agar Pertamina dapat menjalankan bisnis dan tanggung jawab sosial dengan seimbang. Artinya terus membantu masyarakat terus berkembang. Paling penting, pastinya tidak selalu bertumpu pada eksploitasi energi fosil yang lambat laun bakal membahayakan.

Terkait gathering yang dilaksanakan oleh Pertamina, Ardiansyah berharap agar sinergi dan kerjasama yang terjalin bisa dipertahankan. Sehingga saat timbul persoalan yang tidak bisa diselesaikan hanya oleh pemerintah, maka stakeholder bisa membantu. Memupuk kebersamaan dan menjalin harmonisasi.

“Jika ada kendala yang memerlukan respon pemerintah dan perusahaan, koordinasinya bisa lebih cepat,” harapnya.

Dihadapan Manajemen Pertamina Sangatta Field, Pejabat Balai Taman Nasional Kutai (TNK), Bupati tak lupa mengimbau seluruh undangan dan masyarakat agar selalu mengedepankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Apalagi kini di Indonesia telah ditemukan penularan COVID-19 varian Omicron.

“Disiplin protokol kesehatan, minimal mengenakan masker. Kutim saat ini sudah kembali menaikan PPKM ke Level 2. Buka karena jumlah kasus penularannya, melainkan karena capaian vaksinasi belum maksimal, terurama di kalangan lansia. Maka dari itu, masyarakat tolong ikut membantu mengajak keluarga lansia agar mau di vaksin,” pinta Ardiansyah.

Pada kegiatan ini, Bupati melakukan prosesi pemotongan pitan untuk “Re-Open” Sangkima Jugle Park. Dilanjutkan bersama Manajer Pertamina Sangatta Field Hanif Setiawan, Kepala Balai TNK Persada Agussetia Sitepu, perwakilan unsur Forkopimda melakukan penanaman pohon “Stakeholder Engagement” memperingati Hari Sejuta Pohon 2022.

Sebelumnya Santi Radianti dari Pertamina menjelaskan tujuan kegiatan Semarak Stakeholder Gathering, Pertamina Hulu Indonesia Region 3 Zona 9 Sangatta Field, di Sangkima Jugle Park, Sangatta Selatan adalah untuk mempererat hubungan di internal Pertamina dan stakeholder.

Kepada para undangan dia menjelaskan soal operasional Pertamina dan komitmen CSR. Selama ini Pertamina telah menggelontorkan dana miliaran untuk pendidikan, kesehatan serta ekonomi. Jumlahnya Rp 2 M di 2020 dan Rp 1,5 M di 2021.

“Pertamina juga fokus membantu penandangan lebih banyak untuk bantuan pandemi COVID-19,” jelasnya.

Selanjutnya oleh Manajer Pertamina Sangatta Field Hanif Setiawan juga dijelaskan sinergi dan prospek bisnis oleh pihaknya. Dengan konsep pelestarian alam, pemberdayaan masyarakat sekitar. Sebagai bagian penghargaan apresiasi kepada stakeholder atas dukungan dan kerjasama.

“Sehingga operasional Pertamina bisa menorehkan sejumlah performance,” kata Hanif yang menyebut bahwa Pertamina Sangatta Field adalah unit operasi berada di bawah entitas perusahaan Pertamina Hulu Indonesia.

Saat mempresentasikan profil perusahaan, Hanif mengatakan pula bahwa pihaknya dalam implementasi operasional sukses menerapkan jam kerja selamat atau zero accident. Sukses mendapat proper hijau karena tata kelola lingkungan yang baik dan berdampak nilai positif bagi masyarakat. (hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here