Beranda Entertainment Tularkan ke Masakan Daerah Kutim, Chef Muto dan Joko Berbagi Teknik Marinasi

Tularkan ke Masakan Daerah Kutim, Chef Muto dan Joko Berbagi Teknik Marinasi

72 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyaksikan secara langsung demo masak dari Chef Muto dan Chef Joko dalam Meet & Greet Lomba Cipta Menu Kutim. Foto: Irfan/Pro Kompi

SANGATTA – Lewat julukannya, Kungfu Chef Muto memang dikenal sebagai chef yang kerap membubuhkan atraksi kungfu dalam kegiatan memasaknya.

Dalam pantauan Pro Kutim ketika mengisi demo masak dalam Meet & Greet Lomba Cipta Menu Kutim gelaran Indonesian Chef Association (ICA) Kutim bekerja sama dengan ICA Kaltim, chef yang sudah sering tampil di televisi nasional tersebut konsisten menyuguhkan aksi kungfunya di Maloy Cafe Hotel Royal Victoria, Senin (24/1/2022). Kegiatan ini turut disaksikan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman.

Ia terlihat begitu lihai bermain-main dengan pisau, piring hingga peralatan memasak lainnya.

“Saya di sini hanya mendukung untuk perform saja dan yang jelas untuk menambah motivasi semua masyarakat Indonesia khususnya Kutim untuk lebih fokus di masakan-masakan Indonesia,” tutur Chef Muto dalam demonya bersama Excecutive Chef Hotel Royal Joko di depan para peserta Lomba Cipta Menu Kutim.

Ditambahkan Chef Muto, marinasi adalah salah satu teknik dalam memasak, dimana daging ikan atau ayam direndam dalam bumbu selama jangka waktu tertentu.

“Tujuannya agar bumbu meresap ke dalam daging dan memunculkan rasa khas pada masakan. Selain itu teknik marinasi akan membantu melembutkan daging. Jumlah bumbu marinasi yang diserap tergantung pada banyak faktor antara lain tingkat keasaman, jumlah garam dan minyak dalam bumbu serta ketebalan daging,” bebernya.

Selanjutnya seperti potongan, berat dan luas permukaan daging juga mempengaruhi seberapa banyak bumbu yang diserap seperti halnya waktu perendaman total.

“Cara paling akurat untuk menentukan dampak marinasi adalah dengan mengukur jumlah yang telah diserap selama proses pengasinan,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengapresiasi gelaran demo masak dari Chef Muto dan Chef Joko. Menurutnya, penyampaian teknik memasak barusan bisa diaplikasikan ke dalam menu khas masakan Kutim.

“Saya harap para peserta Lomba Cipta Menu Kutim dapat memahami proses penyajian masakan dari para pakar masakan yang sudah profesional. Hal ini tentunya akan menambah kreativitas masakan Kutim lebih nikmat dan berbeda,” urainya.

Ardiansyah menambahkan jika masakan yang diajarkan oleh Chef Muto dan Chef Joko memperlihatkan kriteria masakan seperti mengolah ikan dan daging dalam aspek penilaian.

“Seperti lewat tekstur dan rasa (cita rasa), penampilan, kebersihan dan kreativitas,” tegasnya.

Untuk diketahui, Chef Muto dan Chef Joko akan menjadi juri dalam Lomba Cipta Menu Kutim yang akan berlangsung di UMKM Bangkit 2022 di Halaman Gedung Expo Kutim Bukit Pelangi, Selasa (25/1/2022). (Kopi13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here