Beranda Pariwisata Material T282B Mulai Didrop – Bukit Pandang Ditutup Sementara

Material T282B Mulai Didrop – Bukit Pandang Ditutup Sementara

2.382 views
0

Material T282B sudah mulai didrop di kawasan monumen ikon tambang di Bukit Pandang. Foto: Ahyar/Dokpim

SANGATTA – Terhitung mulai Rabu (26/1/2022) kawasan objek wisata Bukit Pandang di Bukit Pelangi ditutup sementara untuk masyarakat umum hingga diperkirakan sampai April mendatang. Hal ini berkaitan dengan perpindahan dan perakitan material kendaraan alat tambang batu bara yakni Dumptruck Liebherr T282B yang akan dijadikan monumen ikon tambang.

Dari pantauan Pro Kutim, beberapa truk sudah mengangkut beberapa material Dumptruck T282B seperti 6 unit ban, grill (penutup radiator), cabin operator dan handrail berangkat dari Assembly Area Tango Delta PT Kaltim Prima Coal (KPC) ke Bukit Pandang.

Kepala Bagian (Kabag) Umum dan Perlengkapan Setkab Kutim Moch Misbachul Khoir meminta masyarakat khususnya Sangatta dapat bersabar dan memahami kondisi ini.

“Jadi hari ini kawasan Bukit Pandang ditutup sementara karena adanya mobilisasi pengangkutan material Dumptruck T282B dan selanjutnya perakitan. Kapan peresmiannya mudah-mudahan secepatnya,” jelasnya.

Selanjutnya, Misbach sapaan akrabnya juga meminta para pedagang yang biasanya berjualan akhir pekan di lokasi tersebut tidak diperkenankan beraktivitas mulai dari turunan pintu masuk Kantor Dinas Pariwisata (Dispar) Kutim hingga akses menuju rumah jabatan Forkopimda.

“Untuk lokasi wisata yang lain di seputaran Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta tetap dibuka untuk masyarakat seperti dari halaman Kantor Bupati, Taman Venus, maupun taman yang lainnya,” tegasnya.

Untuk diketahui, spesifikasi Dumptruck Liebherr T282B dirancang pada tahun 2004 oleh produsen Jerman. Truk seberat 203 ton ini dapat mengangkut sekitar 365 ton material dan dilengkapi dengan unit V20 yang mampu menghasilkan daya hingga 3.650 Hp. Dumptruck ini dianggap salah satu yang terbesar. Panjangnya mencapai 14,5 meter, tinggi 7,4 meter, dan lebarnya 9 meter. Tenaga mesin raksasa ini adalah 3.650 tenaga kuda.(Kopi13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here