Beranda Sosial & Kesehatan Pemkab Kutim Punya Labkesda Representatif – Segera Beroperasi, Masyarakat Tak Perlu Keluar...

Pemkab Kutim Punya Labkesda Representatif – Segera Beroperasi, Masyarakat Tak Perlu Keluar Daerah

185 views
0

Ardiansyah meresmikan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda). Foto: Vian Pro Kutim

SANGATTA- Terus berbenah demi “Menata Kutai Timur Sejahtera Untuk Semua”, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terus melakukan upaya peningkatan pelayanan bagi masyarakat. Termasuk pelayanan dibidang kesehatan. Teranyar, Bupati Kutim H Ardiansyah didampingi Wabup Kasmidi Bulang meresmikan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), Rabu (2/2/2022). Labkesda ini berlokasi di Jalan AW Syahranie (eks Jalan Pendidkan) Sangatta Utara.

Momen peresmian ini turut dihadiri unsur Forkopimda, Plt Kadis Kesehatan Provinsi Kaltim Masita, Kepala Labkesda Provinsi Kaltim Agus Djoko Praptono. Kadis Kesehatan Kutim Bahrani dan beberapa pimpinan OPD serta undangan lainnya.

Gedung Labkesda yang luasnya mencapai 745 meter persegi ini terdiri dari unit laboratorium, ruang admisi, serta Instalasi Pengolahan Air Limbah. Menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) 2021 dari Kementerian Kesehatan RI sebesar Rp 6,78 miliar. Rinciannya untuk anggaran pembangunan gedung Rp 4,28 miliar ditambah Rp 2,5 miliar untuk alat kesehatan.

Bupati Kutim Ardiansyah sangat mengapresiasi terbangunnya gedung baru Labkesda ini. Karena sudah representatif, Ardiansyah meminta masyarakat maupun pihak swasta memanfaatkannya dengan baik. Artinya siapa pun pihak yang ingin menggunakan jasa pemeriksaan laboratorium tidak perlu lagi keluar Kutim.

“Terima kasih kepada jajaran Dinas Kesehatan yang telah berupaya mewujudkan berdirinya Labkesda representatif ini untuk menggantikan gedung lama di Puskesmas Sangatta utara. Manfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat,” pesannya.

Sebelumnya Kadis Kesehatan Kutim Bahrani mengatakan, operasional Labkesda masih menunggu kelengkapan beberapa dokumen. Yaitu untuk proses akreditasi dari Kemenkes RI.

“Untuk mendapatkan akreditasi ini dua komponen sudah kita penuhi. Yakni sumber daya manusia (SDM) dan gedung yang representatif. Perbupnya juga sementara proses, mudah- mudahan cepat selesai, sehingga labkesda segera beroperasi, ” harapnya.

Kepala UPT Labkesda dr Indri Marinda menambahkan, Labkesda sudah menyusun dan mengusulkan tambahan tenaga analis sesuai dengan analisa beban kerja.

“Idealnya 15 tenaga analis,dan saat ini baru ada 6,jadi Kita masih menunggu formasi dari jalur PPPK,” harap Indri yang yang pernah bertugas selama 4 tahun di Puskesmas Muara Ancalong tersebut.

Ia menambahkan, jika izin prinsip ini sudah lengkap, maka labkesda siap melayani masyarakat yang membutuhkan jasa laboratorium. (kopi4/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here