Beranda Infrastruktur Sebentar Lagi, Sangatta Punya Ikon Tambang di Bukit Pandang – Kasmidi :...

Sebentar Lagi, Sangatta Punya Ikon Tambang di Bukit Pandang – Kasmidi : Jadi Destinasi Wisata, Tambah PAD Kutim

2.992 views
3

Wabup Kasmidi Bulang memberikan sambutan. (Foto: Akun Facebook Kasmidi Bulang)

SANGATTA- Senin (31/1/2022), menjadi momen bersejarah bagi Kutai Timur (Kutim), Kota Sangatta khususnya. Tak lama lagi, Sangatta akan memiliki ikon baru. Yakni truk raksana Liebherr T282, seberat 237 ton, kapasitas muatan 360 ton. Nantinya, alat berat ini bakal dijadikan ikon Kota Sangatta. Prosesi pengangkutan material truk rakasa itu dilakukan dari Assembly Tango Delta PT Kaltim Prima Coal (KPC) ke Bukit Pandang Sangatta. Dumptruck ini telah pensiun operasional dari KPC.

Secara keseluruhan pengalihan material berjalan lancar, dikawal karyawan perusahaan senior berpengalaman. Material Truk Liebherr T282 B yang sudah dipisahkan satu persatu, dibawa menggunakan lowboy menuju Bukit Pandang untuk dirakit kembali. Dalam waktu 40 hari ke depan, diperkirakan truk raksasa dengan kapasitas muatan ratusan ton ini akan berdiri gagah di puncak tertinggi kawasan Pusat Perkantoran Pemkab Kutim di Bukit Pelangi.

Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang yang menjadi Ketua Tim Ikon Tambang Sangatta bersama manajemen PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) menyaksikan secara langsung pengangkutan material truk tersebut. Sekaligus melakukan proses serah terima dari PT KPC ke Pemkab Kutim.

“Alhamdullilah, setelah kurang lebih empat tahun kita berjuang dengan berbagai proses dan didasari dengan niat yang baik, akhirnya kita bisa mempersembahkan alat ini di Kutim,” ucap Kasmidi dengan bangga.

Apresiasi dan terima kasih pun lantas disampaikan orang nomor dua di Pemkab Kutim tersebut kepada semua tim yang terlibat. Hingga akhirnya dapat menghadirkan truk ikonik tersebut. Dia berharap kehadiran ikon tambang ini akan menarik wisatawan berkunjung ke Kutim. Jika itu terjadi, maka otomatis akan berimbas pada pendapatan asli daerah (PAD) Kutim.

“Jika dikelola dengan baik, selain untuk wisata, ikon juga untuk sarana edukasi,” sebutnya.

Truk ini diharapkan menjadi salah satu daya tarik wisata dan menjadi pusat hiburan masyarakat. sebagai ikon, keberadaan truk raksasa sebagai ikon tambang Sangatta ini sangat cocok jadi lokasi swafoto atau wisata edukasi bagi masyarakat.

Manager External Relations PT Kaltim Prima Coal (KPC) Yorden Ampung di lokasi yang sama mengatakan bahwa semua yang hadir adalah saksi sejarah. Dimulainya pembongkaran dan perakitan fisik truk yang akan dijadikan ikon tambang Sangatta.

“Ini adalah momentum yang bersejarah, walaupun melalui proses yang sangat panjang, akhirnya Pemerintah Kabupaten Kutai Timur memperoleh legalitas dan persetujuan dari Pemerintah Pusat,” ujarnya.

program ini, sambung Yorden, merupakan dukungan pihaknya dalam upaya membantu pemerintah mengembangkan sektor pariwisata. Momen ini menjadikan Kutim sebagai daerah pertama yang membangun ikon tambang dengan alat berat asli.

Sebagai tambahan informasi, Liebherr T282B adalah salah satu dumptruck terbesar yang dirancang tahun 2004 oleh produsen Jerman. Liebherr T282B memiliki dimensi panjang 14,5 meter, lebar 8,7 meter dan tinggi 7,4 meter. Kapasitas bahan bakar di tangki truk ini dapat menampung 4732 liter. Sementara tinggi ban T282B mencapai 6,6 meter. T282 didukung unit V20 yang mampu mengembuskan daya hingga 3.650 TK (Tenaga Kuda). Namun, truk tambang ini hanya mampu berjalan 64 km per jam dengan beban maksimum. (*/kopi3)

3 KOMENTAR

  1. Wahh ini yang ditunggu” Jadinya sangatta akan banyak dikunjungi oleh orang”dri luar sangatta untuk melihat Ikon Tambang yg hanya Dimiliki oleh Sangatta kota tercinta😁

  2. Asalamualaikum bapak/ibu dan saudara saya atas nama Sahrul romadon ingin bergabung di prusahan bapak ibuk dan saudara dan saya siap untuk di tempat kan di mana saja saya minta sama bapak dan ibuk bisa menerima saya di perusahan pertambangan dan ikut bergabung sekian terimakasi klo ada kata dan mebicaraan kurang sopan mohon maff

  3. Asalamualaikum saya atas nama Sahrul romdaon dari Kalimantan timur tengarong ingin bergabung di prusahan bapak ibuk dan saya siap di tempat kan di mana saja saya atas nama Sahrul mohon minta tolong izin saya bergabung di prusahan bapak ibuk sekian terimaksi klo ada kata2 gk sopan dari saya mohon maf sebesar nya
    No hp 082266890729

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here