Beranda Pemerintahan Pasar Tumpah Sangsel Segera Ditertibkan

Pasar Tumpah Sangsel Segera Ditertibkan

150 views
0

Penyuluh Perindustrian dan perdagangan Achmad Dhony Evriadi saat ditemui awak Media di Ruang Kerja. Foto: Wahyu Yuli Artanto.

SANGATTA- Munculnya titik-titik pasar tumpah di Desa Sangatta Selatan, Kecamatan Sangatta Selatan (Sangsel) menjadi masalah yang belum berkesudahan. Walaupun pernah ditertibkan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim), namun nyatanya pasar dadakan ini muncul lagi. Keberadaan Pasar Induk di Sangatta Selatan yang sudah dibangun dan diharapkan jadi pusat jual beli juga belum benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh para pedagang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) melalui penyuluh Perindustrian dan perdagangan Ahmad Dhony Evriady mengatakan, pihaknya berencana segera bertindak. Melakukan penertiban pasar tumpah yang menutupi sebagian median jalan. Sehingga menghambat laju kendaraan yang melintas.

“Sabtu besok (5/2/2022), kami (Disperindag) akan dibantu oleh tim yang tergabung dalam Forum LLAJ, akan mulai memberikan sosialisasi. Sekaligus imbauan kepada para pedagang agar berjualan ditempat yang sudah disediakan,” ucap Dhony usai rapat bersama forum LLAJ di Kantor Dishub, Rabu, (2/2/2022).

Dhony menambahkan, pihaknya bersama Forum LLAJ yang terdiri dari Polri, Dishub, Satpol-PP, DPU sepakat akan memaksimalkan sosialisasi serta pendataan kepada pemilik kios agar tidak berjualan di atas bahu jalan. Terkait penyampaian tertulis dari Pemkab, memang belum dilakukan ke pedagang. Sejatinya, hal ini sudah dilakukan pihak RT, Lurah, hingga Camat. Namun nyatanya tetap saja tak diindahkan.

Ditempat yang sama, Sekertaris Dishub Joko Suripto mengatakan, sebagai langkah antisipasi pihaknya akan memasang beberapa rambu di sekitar area pasar tumpah. Khusunya pedagang yang menggelar jualan dan mengakibatkan kemacetan dan mengganggu para pengguna jalan lain.

“Mulai dari rambu dilarang berjualan dan jam operasional pasar,” jelasnya.

Dihubungi secara terpisah Camat Sangsel Vita Nurhasanah menjelaskan, pihaknya melalui desa sudah sering memberikan sosialisasi kepada para pedagang agar bisa memanfaatkan gedung pasar yang sudah disediakan.

“Kami (Pemerintah Kecamatan Sangsel) dibantu Forum LLAJ akan melakukan identifikasi dan inventarisasi. Baik untuk pedagang dan rencana rekayasa lalin untuk mengatasi permasalahan tersebut, “ucap Vita melalui pesan Whatsapp

Untuk penertiban pedagang yang berjualan diatas median jalan, sambung Vita, akan dilakukan sosialisasi penegakan Perda yang mengatur oleh pihak Satpol PP. (kopi6/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini