Beranda Pemerintahan Segera Bangun SUTT-PLN Siap Pasok Listrik Untuk KEK-MBTK

Segera Bangun SUTT-PLN Siap Pasok Listrik Untuk KEK-MBTK

125 views
0

Bupati Ardiansyah Sulaiman saat pertemuan dengan PT
PLN di ruang kerjanya. Foto: Vian Pro Kutim

SANGATTA- Pasokan listrik ke Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan (KEK-MBTK) di Kaliorang diperkirakan tersambung dalam waktu dekat ini. Menyusul informasi bakal dibangunnya 8 tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) yang melintasi wilayah usaha beberapa perusahaan tambang antara Kecamatan Bengalon dan Kaliorang.

“Alhamdulillah 8 tapak titik pembangunan tower untuk SUTT 150 Kv Sangatta -Maloy sudah ‘clear. Sehingga jalur koneksi yang akan memasok listrik ke KEK-MBTK bisa tersambung. Otomatis pengoperasiannya bisa dimulai,” ujar Bupati Ardiansyah Sulaiman saat pertemuan dengan PT PLN di ruang kerjanya, Rabu (16/2/2022).

Ardiansyah menegaskan Pemkab Kutim telah memberikan dukungan penuh ke PT PLN untuk segera menyelesaikan pembangunan tower tersebut. Selanjutnya mengenai permintaan PT PLN Regional Kaltim terkait surat dukungan dari pemerintah, Ardiansyah menjelaskan akan segera menindaklanjutinya. Sehingga proses pekerjaan di lapangan bisa berjalan lancar dan dalam waktu dekat ini jalur Sangatta-Maloy bisa terkoneksi listrik.

Sementara itu, Manajer PT PLN Area Kaltim III, Anjar Sucahya menjelaskan, bahwa pihaknya membutuhkan surat dukungan ke Pemkab Kutim sesuai arahan Direktorat Jenderal ((Dirjen) Kementerian ESDM untuk sewa menyewa barang milik negara.

“Kami sudah mendapat dukungan dari Pemkab Kutim sesuai arahan Dirjen Ketenagalistrikan mengenai aturan sewa menyewa barang negara. Jadi sekarang tim kami akan mulai izin sortir, desain konststruksi fondasi serta ‘erection tower’. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa selesai,” harap Anjar.

Ia menambahkan, Kementerian ESDM telah menerbitkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2021 untuk mengatur ruang bebas dan kompensasi di sekitar SUTT dan SUTET. Dia menuturkan bahwa ruang bebas dimaksudkan agar pengoperasian jalur jaringan transmisi tenaga listrik tidak terganggu oleh berbagai aktivitas di sekitar jalur tersebut. (kopi4/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here