Beranda Kutai Timur Dekranasda Kutim Bantu Perajin Muara Wahau – Serahkan Hibah Alat Penipis dan...

Dekranasda Kutim Bantu Perajin Muara Wahau – Serahkan Hibah Alat Penipis dan Pembelah Rotan

108 views
0

Prosesi serah terima peralatan mesin Trip (penipis) rotan dan mesin Split (pembelah/fitrit) rotan oleh Ketua Dekranasda Kutim Ny Hj Siti Robiah di Kantor Camat Muara Wahau. (ist)

MUARA WAHAU – Demi menunjang peningkatan dan pengembangan inovasi serta kreativitas para perajin rotan yang ada di kabupaten Kutai Timur (Kutim), Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kutim menyerahkan bantuan peralatan representatif untuk digunakan oleh para perajin. Bantuan yang diserahkan adalah peralatan mesin Trip (penipis) rotan dan mesin Split (pembelah/fitrit) rotan. Bantuan dimaksud diterima Plt Camat Muara Wahau Marlianto, Di Kantor Camat Muara Wahau, Senin (28/2/2022) lalu.

“Bantuan yang diserahkan kepada Pemerintah Kecamatan Muara Wahau ini adalah hibah dari Disperindagkop dan UKM Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Selanjutnya diserahkan kepada Pemerintah Kecamatan Muara Wahau untuk membantu para perajin rotan,” tutur Kepala Dekranasda Kutim Ny Hj Siti Robiah setelah penyerahan bantuan.

Tujuan diserahkannya bantuan ini tak lain untuk menunjang peningkatan dan pengembangan inovasi serta kreativitas para perajin rotan. Agar produksi kerajinan rotan yang ada di Kutim dapat bersaing di pasar modern.

Robiah yang merupakan istri dari Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman tersebut berharap hibah perlatan penipis dan pembelah rotan yang saat ini dalam kondisi baik, dapat terus digunakan dan dirawat. Sehingga dapat bernilai manfaat dalam jangka panjang. Demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mendukung kemajuan kerajinan daerah di kabupaten ini.

Plt Camat Muara Wahau Marlianto setelah menerima bantuan mengaku sangat mengapresiasi perhatian Dekranasda Kutim terhadap pengembangan dan produksi kerajinan di daerah ini. Untuk itu dia mewakili para perajin berjanji bertanggung jawab merawat dan menanggung biaya operasional serta biaya pemeliharaan peralatan dimaksud.

“Kami berharap dengan bantuan peralatan peralatan mesin Trip (penipis) rotan dan mesin Split (pembelah/fitrit) rotan ini dapat meningkatkan produktivitas perajin rotan, menyesuaikan standar kebutuhan pasar modern,” harap Marlianto.

Perlu diketahui, bantuan yang diserahkan oleh Dekranasda Kutim tersebut merupakan hibah dari Pemprov Kaltim melalui Disperindagkop UKM. Penandatanganan naskah perjanjian hibah barang milik daerah Nomor 030/107/Sek-Um/XI/DP2KUKM antara Pemprov Kaltim (diwaliki Kepala UPT Pelatihan Koperasi Zainuddin Panani) dengan Dekranasda Kutim dilaksanakan Jumat 26 November 2021 lalu. Berlangsung di Sekretariat Dekranasda Kutim di Disperindagkop Kutim Komplek Pusat Perkantoran Pemkab di Bukit Pelangi, Sangatta. (kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here