Beranda Kutai Timur Kreativitas Tidak Boleh Berhenti ! – Pesan Bupati Kutim Saat Buka SMADA CUP...

Kreativitas Tidak Boleh Berhenti ! – Pesan Bupati Kutim Saat Buka SMADA CUP IX

71 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat membuka kegiatan SMADA CUP IX di SMA 2 Sangatta Utara. (Vian Pro Kutim)

SANGATTA-  Dalam kondisi dan situasi apapun kreativitas tidak boleh berhenti. Kondisi normal atau tidak, proses belajar harus tetap berjalan. Hal ini disampaikan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat membuka kegiatan SMADA CUP IX di kawasan SMA 2 Sangatta Utara, Senin (28/2/2022). 

“Pendidikan adalah proses belajar seumur hidup. Sebelum ada pandemi COVID-19, kita tidak akan pernah membayangkan bahwa proses belajar mengajar bisa dilakukan dengan metode daring (online),” sebut Ardiansyah.

Saat ini menurut Ardiansyah, dunia pendisikan sedang “dipaksa” harus memanfaatkan kemajuan teknologi agar proses tersebut bisa terus berjalan. Sebab kalau tidak tentu akan ada kesulitan dan ketertinggalan bagi siswa dan para guru. 

Sebagai contoh, SMADA CUP IX ini dilaksanakan di tengah-tengah suasana PPKM level 3 COVID-19 yang membatasi ruang gerak masyarakat berkumpul dalam jumlah banyak. Tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, serta sudah mendapatkan rekomendasi dari tim satgas COVID-19, kegiatan ini bisa diselenggarakan. Kemudian Ardiansyah menyarankan para guru dan orang tua untuk memberi ruang dan kesempatan yang seluas-luasnya kepada anak didik untuk mengembangkan bakat dan minatnya. Karena kecakapan dan kepandaian bukan hanya dinilai dari prestasi akademik, tetapi juga non-akademik. 

“SMADA Cup IX menjadi wadah silaturahmi bagi para siswa dan guru sekaligus ajang kompetisi antar siswa. Dari kurikulum terbaru, kelulusan siswa bukan sekedar dinilai dari prestasi akademik saja, tapi juga non-akademik,” jelasnya.

Untuk itu sekolah diberikan keleluasaan untuk menumbuhkan kembangkan keterampilan peserta didik. Seperti mengikuti kegiatan lomba olahraga dan lainnya. Di akhir sambutannya, Ardiansyah menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras hingga kegiatan ini bisa terlaksana. Juga kepada pihak SMADA dan sponsor yang mendukung kegiatan ini. Tak lupa ia mengucapkan selamat bertanding kepada seluruh peserta.

“Junjung tinggi sportivitas dan dengan tetap displin protokol kesehatan,sukses kepada panitia dan seluruh peserta,” pesannya. 

Sebelumnya Kepala SMA 2 Sangatta Utara, Tatik Widhayani mengatakan, kegiatan SMADA Cup IX ini adalah agenda rutin yang digelar setiap tahun. Kali ini adalah tahun yang ke-9. Pelaksanaannya dilakukan secara daring dan luring di kawasan SMADA. 

“Sebelum kegiatan ini digelar, kami sudah berkonsultasi dengan tim Satgas COVID-19. Setelah mendapat rekomendasi barulah panitia menyosialisasikan ke sekolah-sekolah mendaftarkan siswa-siswinya untuk mengikuti lomba,” jelasnya.

Kegiatan ini menjadi wadah pembentukan karakter, penyaluran bakat dan minat peserta lomba. 

Sementara itu, Ketua Panitia  Ega Fitra Al Fajrin menjelaskan kegiatan ini berlangsung mulai 28 Februari sampai 5 Maret  2022. Dengan mempertandingkan cabang olahraga bulutangkis, Story Telling, baca puisi, vocal solo, SMADA Cup Competition, Mandara ED. Com dan tari-tarian. Diikuti sebanyak 14 sekolah. (kopi4/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here