Beranda Pemerintahan Bupati Kutim, PT KEK MBTK dan Perusda MBS Duduk Bersama – Bahas...

Bupati Kutim, PT KEK MBTK dan Perusda MBS Duduk Bersama – Bahas Percepatan Pengoperasian Pelabuhan di Maloy

157 views
0

Suasana pertemuan di ruang Kerja Bupati. Foto: Wahyu Pro Kutim

SANGATTA – Untuk mendorong proses percepatan pengoperasian pelabuhan di Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan (KEK MBTK), Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman melakukan pertemuan dengan Direktur PT KEK MBTK dan Sekretaris Perusda (MBS. Soal mendayagunakan peran serta PT Kaltim Pelabuhan Internasional Maloy (KPIM) antara Pemkab Kutim dan Perusda Melati Bhakti Satya (MBS) Pemprov Kaltim jadi fokus bahasan. Pertemuan berlangsung di ruang kerja Bupati Kutim, Kantor Sekretariat Kabupaten Kutim, Rabu (16/3/2022) siang.

Pada kesempatan tersebut Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyambut baik kedatangan para tamunya. Ia mengatakan pelabuhan sekelas internasional itu diharapkan bisa segera dioptimalkan dan beroperasi. Agar manfaatnya segera dirasakan oleh masyarakat.

“Saya berharap komunikasi ini tetap berlanjut, melalui pak Teguh (Kepala DPM-PTSP Kutim), agar pelabuhan segera beroperasi,” pintanya.

Sementara itu, Ahmad Basuki Nugroho selaku Sekretaris Perusda MBS menyampaikan perkembangan terakhir berbagai kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di KEK MBTK. Diantaranya terkait proses kelembagaan dan segala macamnya.

“Pengelola KEK MBTK saat ini adalah PT MBTK setelah 100 persen saham dialihkan dari PT MBS. Ke depan saham ini dibagi dengan Pemkab Kutim melalui BUMD-nya, untuk sharing (berbagi) mengelola KEK MBTK,” katanya.

Ditempat yang sama, Direktur PT KEK MBTK Muhammad Ade Himawan menambahkan, dalam pengelolaan KEK MBTK nantinya perusahaan pemegang saham bakal secara bersama-sama mengelola. Perusahaan tersebut adalah PT Kaltim Pelabuhan Internasional Maloy (KPIM), BUMD dari Pemkab Kutim dan Perusda MBS Pemprov Kaltim.

“Diharapkan PT KPIM ini yang akan menjadi operator di pelabuhan internasional yang berada di KEK MBTK itu,” urainya.

Terakhir, ia berharap setelah pertemuan ini bisa kembali menghidupkan dan mengaktifkan PT KPIM. Agar proses pengelolaan pelabuhan itu bisa segera dimulai. (kopi7/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here