Beranda Kutai Timur Hari Ketujuh Pasca Banjir Sangatta, PMI Kutim Drop Air Bersih 15.000 Liter

Hari Ketujuh Pasca Banjir Sangatta, PMI Kutim Drop Air Bersih 15.000 Liter

57 views
0

Aksi PMI Kutim dalam pendistribusian air bersih ke korban terdampak banjir Sangatta. Foto: ist

SANGATTA – Hari ketujuh pasca banjir yang melanda kawasan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kutim bergerak responsif dalam membantu pengiriman air bersih ke titik-titik rumah warga, Jumat (25/3/2022).

Ada pun data yang diterima Pro Kutim, kebutuhan air bersih warga pasca banjir sangat diperlukan terutama untuk membersihkan sisa-sisa material lumpur endapan banjir yang memasuki rumah warga. Sekitar 15.000 liter air bersih dikirimkan PMI Kutim kepada 1154 jiwa.

Kepala Markas PMI Kutim Wilhelmus Wio Doi atau biasa akran disapa Ewil Alejo melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sampai kegiatan tanggap darurat selesai pada 2 April 2022 mendatang.

“Dalam aksi kemanusiaan ini , kami mendapatkan bantuan dukungan personel dan logistik dari PMI Bontang, PMI Berau, PMI PPU, PMI Kecamatan Anggana dan Samboja Kutai Kartanegara serta PMI Paser. Selain itu kami mendapatkan dukungan penuh dari PMI Pusat melalui PMI Kaltim dengan menurunkan staf tanggap darurat bencana untuk melakukan kegiatan intervensi dan penanganan banjir di Kutim,” ulasnya.

Ewil menambahkan jika pihaknya menyasar ke sejumlah titik yang akan didistribusikan air bersih mulai di Jalan APT Pranoto (Gang Majai), Jalan Pertamina KM 5, Gang Masjid, jalan PLN RT 60. Selain bantuan air bersih, didistribusikan juga bantuan paket Foot Item dan Baby Kit di Kampung Jawa Desa Swarga Bara sebanyak 30 KK, dengan data penerima manfaat sebanyak 127 jiwa.

Dirinya menegaskan, sejak awal terjadinya bencana PMI Kutim telah melakukan kegiatan evakuasi dengan menurunkan 21 orang personel bersama Tim SAR gabungan Kutim, selain itu PMI Kutim juga melakukan pelayanan ambulan.

“Tercatat selama kegiatan berlangsung sekitar 121 orang yang sudah dievakuasi, khusus pelayanan ambulan. Sedangkan untuk layanan evakuasi lebih 800 orang sudah berhasil dievakuasi,” ungkapnya.(kopi13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here