Beranda Umum & Ekonomi Angka Capaian Vaksinasi COVID-19 Terus Meningkat – Warga Diimbau Prokes, Segera Vaksin...

Angka Capaian Vaksinasi COVID-19 Terus Meningkat – Warga Diimbau Prokes, Segera Vaksin Bagi yang Belum

48 views
0

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesesehatan Kutai Timur , Muhammad Yusuf,(Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

SANGATTA- Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesesehatan (Dinkes) Kutai Timur (Kutim), Muhammad Yusuf, mewakili Kadinkes mengatakan, capaian pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kutim terus meningkat. Secara umum capaian vaksinasi untuk dosis pertama sudah di angka 95 persen, dosis kedua lebih dari 70 persen.

“Sedangkan untuk dosis ketiga atau booster secara komulatif sudah mencapai 15,22 persen,” kata Yusuf diwawancara saat pelaksanaan program vakinasi COVID-19 di Balai Pertemuan Umum Sangatta Utara, Selasa (12/4/2022).

Selanjutnya persentase capaian vakinasi kepada lansia untuk dosis kedua sudah masuk di angka 43,46 persen. Untuk vakinasi anak di bawah usia 12 tahun dosis kedua mencapai 55,02 persen. Yusuf yakin saat ini masyarakat semakin sadar pentingnya vakinasi COVID-19 penting untuk membentuk Herd immunity. Maka dari itu dia optimis target penerima vaksinasi COVID-19 akan terus bertambah signifikan. Namun demikian, Yusuf tetap mengimbau agar warga jangan menganggap enteng penularan COVID-19 meskipun resikonya saat ini lebih ringan karena sudah menerima vaksin. Sebab bagi lansia dan cormobit (penyakit sertaan) tetap beresiko.

“Untuk itu (selama status masih pandemi COVID-19) tetap disiplin protokol kesehatan (prokes) pencegahan COVID-19. Agar tak tertular virus Corona,” kata Yusuf mengingatkan.

Melaksanakan 5 M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas. Terakhir bagi warga yang belum menerima vaksin COVID-19 agar segera melakukan vaksinasi.

“Mari kita bersama-sama untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan menerapkan Protokol Kesehatan 5 M tersebut dengan mengajak keluarga, saudara, dan teman-teman kita,” imbau Yusuf lagi. (kopi6/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here