Beranda Pemerintahan Wabup Sidak PIS Pastikan Stok Sembako Aman

Wabup Sidak PIS Pastikan Stok Sembako Aman

59 views
0

Momen saat Wabup Kasmidi Bulang bersama TPID sidak ke Pasar Induk Sangatta. Foto: Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim

SANGATTA- Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) H Kasmidi Bulang bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melakukan sidak untuk memantau harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok dan penting (bapokting) menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah di Pasar Induk Sangatta (PIS), Rabu (27/4/2022).

Kasmidi Bulang disela kunjungannya menyampaikan bahwa memang terjadi kenaikan harga, namun masih dalam batas wajar. Kenaikan seiring meningkatnya permintaan masyarakat terhadap barang.

“Kami pastikan jelang Hari Raya Idul Fitri, untuk bahan pokok terutama daging, telur, ayam dan sembako aman,” ujarnya didampingi Pj Sekda Yuriansyah, Kadisperindag Kutim Zaini, Kepala UPT Pasar Induk Bohari serta unsur Forkopimda.

Kasmidi menambahkan, untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pokok yang cenderung mengalami peningkatan seiring bertambahnya permintaan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri, pihaknya sudah menerjunkan tim untuk mengendalikan harga. Terutama sembako, agar jangan sampai melebihi ambang batas.

“Saya juga sudah meminta kepada Disperindag agar terus mengawasi sampai H-1 lebaran, terutama untuk harga sembako,” ujarnya.

Ditemui secara terpisah Kepala UPT PIS Bohari menjelaskan, ketersediaan bapokting menjelang lebaran 1443 Hijriyah masih aman. Walaupun ada kenaikan permintaan, terutama komoditi daging sapi yang sempat mengalami kekurangan. Ia membeberkan, sebagai langkah antisipasi, pihaknya sudah menyiapkan stok sapi sebanyak 40 ekor yang didatangkan dari Sulawesi. Diperkirakan stok tersebut mampu menutupi permintaan di pasaran, khususnya kebutuhan daging menjelang lebaran. Selain itu, adanya kelonggaran aturan terkait kegiatan masyarakat pada masa pandemi ini, juga memberikan dampak yang positif terutama bagi para pedagang di PIS.

“Antusiasme masyarakat kembali tinggi untuk berbelanja di PIS, sehingga diharapkan roda perekonomian di pasar kebanggaan Ibu Kota Sangatta ini kembali normal,” harapnya. (kopi6/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here