Beranda Hukum Ratusan Personel Gabungan Amankan Takbiran dan Salat Idul Fitri di Kutim

Ratusan Personel Gabungan Amankan Takbiran dan Salat Idul Fitri di Kutim

64 views
0

Apel gabungan personel pengamanan malam takbiran dan Salat Idul Fitri 1443 Hijirah. (ist)

SANGATTA – Untuk mengamankan malam takbiran (1/4/2022) serta pelaksanaan salat Idul Fitri 1443 Hijriah (2/5/2022) di Kutai Timur (Kutim) pada 2022 ini, setidaknya lebih dari 200 personel gabungan disiagakan. Jumlah tersebut beru sebagian dari total 458 personil gabungan, dari berbagai stakeholder terkait yang disiagakan.

Kapolres Kutim AKBP Welly Djatmoko melalui Kabag Ops Kompol La Ode Prasetyo Fuad menyampaikan bahwa apel yang melibatkan ratusan personil Polres Kutim tersebut juga dilaksanakan untuk memberikan pengamanan intensif di rumah ibadah dan tempat keramaian. Dengan harapan dapat menumbuhkan ketenangan, rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Pemantauan secara cermat dilaksanakan dengan pengoptimalan pelayanan pada setiap pos pelayanan selama Idul Fitri. Sekaligus pemantauan arus mudik dan balik. Melalui koordinasi dengan semua pihak yang terlibat dalam operasi.

“Dari Tanggal 28 April hingga 9 Mei 2022, Ada 5 Pos yang kita bangun. Yakni 2 Pos Pengamanan di Teluk Lombok dan Kenyamukan. 2 Pos Pelayanan terbagi di KM 1 Sangatta Selatan dan Kongbeng. Serta 1 Pos Terpadu di Simpang Pendidikan. Tiap pos jumlahn personilnya bervariasi. Pos Terpadu diisi 25 hingga 26 personil sedangkan yang lain minimal 10 personil. Pos terpadu standby 24 jam,” terangnya, Minggu (1/05/2022).

Selanjutnya untuk antisipasi adanya gangguan kamtibmas selama Idul Fitri, Polres Kutim juga telah melaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari operasi pekat, razia miras dan juga kegiatan preventif lainnya. Guna menjaga kondusifitas wilayah. Selain itu, dalam kegiatan kali ini tidak ada swab yang dilakukan bagi warga. Masuk atau pun keluar dari Kutim. Sebagai gantinya, Polres Kutim menggandeng  Dinas Kesehatan menggencarkan pelaksanaan vaksinasi tahap 3 atau booster bagi warga yang hendak mudik selama ramadan. 

“Meski kerawanan di Kutim terhitung landai, kami tetap melaksanakan berbagai kegiatan untuk menjaga kondusifitas wilayah dan juga kamtibmas. Kali ini tidak ada swab bagi pemudik yang berasal dari luar Kutim. Polres Kutim juga menggiatkan vaksinasi booster bagi warga yang ingin mudik, (dilaksanakan) di Pos Terpadu yang ada di Simpang Pendidikan (Jalan A Wahab Syahranie)” ucapnya. 

Sebelumnya, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaoman selaku inspektur upacara menyampaikan bahwa giat ini diagendakan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat menjelang Idul Fitri. Merupakan satu fokus agenda, mengingat Kutim merupakan jalur perlintasan Trans Kalimantan. Sehingga keamanan dan kenyamanan warga Kutim yang menggunakan jalur transportasi patut menjadi perhatian. 

“Kami harap setiap personil fokus dalam kegiatan yang diemban dimasing masing pos. Sehingga keamanan dan kenyamanan masyarakat dapat terjaga. Mari kita laksanakan tugas sebaik baiknya untuk masyarakat. Dalam momen ini juga, atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah, kami menyampaikan selamat Idul Fitri 1443 hijriah,” tutupnya. (*/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here