Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dalam momen pelepasan kafilah Kutim yang mengikuti TC MTQ ke-43 Kaltim. Foto: Hasyim Pro Kutim

SANGATTA – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman memberikan spirit (semangat) untuk 43 kafilah Kutim yang akan berlomba di ajang tahunan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-43 Tingkat Kaltim. Diharapkan dengan dukungan dimaskud, para kafilah sukses memberikan hasil yang terbaik. MTQ ke-43 Kaltim sendiri akan berlangsung di Kota Samarinda mulai Minggu (22/5/2022) hingga Minggu (29/5/2022) mendatang.

“Kita coba memulai bangkit. Seperti dalam permainan sepak bola, bola itu bundar. Intinya semua kafilah tetap berusaha untuk bisa menargetkan juara di setiap cabang lomba MTQ yang dipertandingkan. Saya harap posisi Kutim di MTQ tahun ini bisa lebih baik lagi daripada MTQ sebelumnya,” pesan Ardiansyah saat melepas para kafilah yang akan masuk dalam Training Center (TC) Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kutim di Gedung Pertemuan Hotel MS, Selasa (10/5/2022).

Ardiansyah yang didampingi Ketua Umum LPTQ Kutim Yuriansyah, Kepala Kemenag Kutim Nasrun dan Kabag Kesra Setkab Kutim Andi Abdul Rahman juga meminta para kafilah fokus dalam TC ini mengikuti bimbingan para pelatih. Kafilah memanfaatkan TC sebaik-baiknya untuk berlatih dengan mengikuti arahan terbaik dari pelatih. Hal yang penting diperhatikan adalah TC kali ini menjadi sarana meningkatkan kualitas dan kuantitas kejuaraan.

“Ini syiar yang harus dikobarkan,” tegasnya.

Dalam hal ini, Pemkab Kutim juga tidak akan melupakan reward (penghargaan) untuk para kafilah berprestasi yang nanti membawa harum nama Kutim. Pemkab Kutim melalui LPTQ terus konsisten mendukung kafilah ikut kompetisi MTQ. Tentunya kafilah yang memiliki kemampuan bakal diberi bonus.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kutim Yuriansyah turut memberikan sejumlah pesan untuk para kafilah. Dia mengaskan MTQ ke-43 sudah di depan mata. Untuk itu dia berharap seluruh kafilah Kutim bisa memberikan kontribusi dan tetap bersemangat mengikuti TC selama 10 hari ini. Sehingga nanti dapat memberikan perubahan peringkat Kutim lebih baik. Tahun lalu di MTQ ke-42 Kaltim di Kota Bontang, Kutim berada di urutan delapan.

“Nah MTQ tahun ini harus bisa naik,” harapnya.

Senada, Ketua Panitia TC Sirajuddin melaporkan, tidak hanya Hotel MS yang akan menjadi tempat TC, lokasi kedua yakni di Masjid Agung Al Faruq, di Islamic Center, Bukit Pelangi.

“Jadi ada dua lokasi yang akan menjadi tempat TC untuk para kafilah Kutim. Nantinya mereka dilatih khusus oleh salah satu Dewan Hakim LPTQ Kaltim jumlahnya ada 4 orang. Untuk dari LPTQ Kutim jumlah pelatihnya 17 orang,” terangnya.

Anggaran TC dan mengikuti MTQ ke-43, menggunakan dana hibah yang bersumber dari APBD Kutim sebesar Rp 600 juta. Untuk 43 kafilah Kutim yang akan berlomba sudah hasil final dari Tim Seleksi Rekrutmen Bidang Pembinaan LPTQ Kutim.

“Nantinya Kutim hanya mengikuti 7 cabang lomba yang akan dipertandingkan minus Fahmit dan Syarhil Qur’an,” bebernya.

Untuk diketahui cabang lomba di MTQ ke-43 Kaltim tidak berbeda seperti tahun lalu. Seperti Tartil Qur’an, Musabaqoh Hifdzil Qur’an, Musabaqoh Syarhil Qur’an, Saritilawah, Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, Qiroat Qur’an, Hadis, Tafsir dan Tahfidz. (kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini